BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Galbusera: Semua Orang Pasti Ingin Kerja Bareng Valentino Rossi

14-11-2019 16:05 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, akhir pekan ini akan menandai berakhirnya era kerja sama antara rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, dengan sang crew chief, Silvano Galbusera. Kepada La Gazzetta dello Sport, Galbusera pun mengaku sangat bangga dapat kesempatan bekerja dengan Rossi.

Galbusera mulai menjadi crew chief Rossi sejak akhir 2013, usai rider Italia itu memutuskan kerja samanya dengan Jeremy Burgess yang sudah terjalin sejak 2000. Bersama Galbusera, The Doctor meraih sembilan kemenangan, namun gagal meraih gelar dunia. Rossi pun akhirnya berusaha mencari motivasi baru.

Motivasi baru itu pun ingin ia dapatkan dari sosok David Munoz, yang pernah mengantarkan Francesco Bagnaia menjuarai Moto2 2018 dan saat ini menjadi crew chief Nicolo Bulega di Sky Racing VR46. Fakta bahwa Munoz sama sekali tak punya pengalaman di MotoGP bahkan tak membuat Rossi ragu.

1 dari 2 halaman

Maklumi Rossi Cari Motivasi Baru

Silvano Galbusera (c) Yamaha Silvano Galbusera (c) Yamaha

"Saya rasa Vale ingin melakukan segalanya demi menemukan motivasi, melakukan hal berbeda. Entah siap yang akan datang, entah bagaimana kerjanya nanti, saya tak tahu apa-apa. Tapi ini memang salah satu untuk mengubah situasi, selain mengutak-atik motor," ungkap Galbusera.

Galbusera sendiri takkan benar-benar pensiun dari MotoGP. Mengingat ia sudah tak lagi kelewat sering berkeliling dunia, Yamaha pun memberinya kesempatan menjadi crew chief tim uji coba Eropa, yang akan dijalankan lebih intensif mulai musim depan. Galbusera sendiri mengaku senang pernah bekerja dengan Rossi.

"Saya belajar banyak hal, terutama bisa melihat dari dekat betapa berartinya menjadi atlet sekaliber Vale. Ini adalah pengalaman yang diinginkan semua orang dalam karier mereka, tapi hanya sedikit yang bisa dapat keistimewaan ini. Saya sangat senang, tak bisa meminta lebih," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Rossi Bakal Lanjut di MotoGP 2021

Galbusera juga dimintai pendapat soal masa depan Rossi, yang kontraknya dengan Yamaha akan habis pada akhir 2020. Menurutnya, Rossi takkan serta merta pensiun pada 2021 mendatang, melainkan mengevaluasi performa YZR-M1 lebih dulu. Jika motor itu menjanjikan, rider 40 tahun itu mungkin akan lanjut.

"Saya rasa Vale akan menunggu motor baru sebelum ambil keputusan. Saya yakin ia akan balapan pada 2021, tapi setelahnya saya tak tahu. Soal fisik, saya tak lihat ada masalah darinya, meski sulit dapat podium atau kemenangan. Ia tak kekurangan apa pun. Bahkan saya tak pernah melihatnya kelelahan," tutupnya.

Sebelum bekerja dengan Rossi, Galbusera merupakan crew chief Cal Crutchlow di Yamaha WorldSBK. Ia pertama kali bertemu Rossi dalam uji coba tertutup di Misano pada 2010, ketika Rossi meminjam motor balap YZF-R1 milik Crutchlow untuk memeriksa kondisi kakinya yang patah akibat kecelakaan di Mugello, Italia.

KOMENTAR

PSSI Siapkan Legenda Sepak Bola Belanda Jadi Pelatih Timnas