BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Galang Hendra Rasakan Seri Kandang Pertama di WorldSSP Mandalika: Seperti di Eropa

19-11-2021 09:23 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ten Kate Yamaha, Galang Hendra Pratama (c) Yamaha Racing
Pembalap Ten Kate Yamaha, Galang Hendra Pratama (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap Indonesia yang saat ini turun di WorldSSP bersama Ten Kate Racing Yamaha, Galang Hendra Pratama, sangat bersemangat menjalani seri kandang perdananya. Bagaimana tidak? Pada 19-21 November 2021, WorldSBK digelar pertama kalinya di Indonesia sejak 1997, dan kali ini bertempat di Sirkuit Mandalika.

Galang pun menjadi satu-satunya wakil Merah Putih di WorldSSP, dan ini pertama kali baginya merasakan atmosfer 'home race'. Pembalap berusia 22 tahun ini pun akhirnya merasakan sensasi seperti rider-rider lain yang berasal dari negara-negara dengan sirkuit penyelenggara ajang balap motor internasional.

"Ini yang benar-benar saya tunggu setelah empat tahun saya berada di paddock WorldSBK, akhirnya ada balapan di Indonesia. Saya merasakan bagaimana rasanya seperti pembalap-pembalap lain yang memiliki 'home race'. Semangatnya beda," ungkap Galang seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (18/11/2021).

Uniknya, Galang mengaku lebih rileks dan tenang menghadapi pekan balap kali ini. Pasalnya, selama ini ia tinggal di Eropa dan jauh dari keluarga. "Sekarang saya bertemu keluarga, teman-teman, dan orang-orang terdekat saya. Psikologinya juga beda, mental juga lebih naik," kata pembalap asal Yogyakarta itu.

1 dari 2 halaman

Sebut Mandalika Dipuji Pembalap Lain

Pembalap Ten Kate Yamaha, Galang Hendra Pratama (c) Yamaha Racing
Pembalap Ten Kate Yamaha, Galang Hendra Pratama (c) Yamaha Racing

Pada Kamis sore, Galang juga menjalani sesi familiarisasi trek di Sirkuit Mandalika bersama anggota timnya. Ia optimistis masuk posisi 10 besar dalam balapan pertama dan kedua nanti. "Sirkuit ini sudah seperti sirkuit-sirkuit internasional di Eropa sana. Saya sangat yakin dengan riding style saya dan saya sangat percaya diri bisa maju ke depan untuk bertarung ke 10 besar," tuturnya.

Galang juga tak lupa berterima kasih kepada warga Lombok yang sudah mendukungnya dan seluruh isi paddock WorldSBK. "Kepada masyarakat Lombok, saya ingin mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa, kepada pembalap-pembalap lain juga, mereka bilang ke saya, 'Indonesia is the best'," ujarnya.

"Jadi, kita harus berikan image yang bagus di mata dunia dan tentu saja Lombok nantinya akan menjadi tujuan untuk balapan dan juga liburan orang-orang Eropa yang datang ke sini," ungkap Galang, yang saat ini duduk di peringkat 21 pada klasemen WorldSSP dengan 24 poin usai absen di Seri Argentina akibat kendala visa.

2 dari 2 halaman

Pertanyaan Soal Kiprah Musim Depan

Musim ini adalah musim kedua Galang di WorldSSP, di mana ia bertandem dengan sang juara dunia, Dominique Aegerter. Kini menjalani seri terakhir 2021, Galang pun mengaku bertekad memperbaiki peringkatnya di klasemen dan ingin masuk di posisi 15 besar.

"Di tahun ini saya ditarget ke 10 besar. Alhamdulillah, di awal-awal seri juga sudah tercapai, sempat finis P10 (Race Seri Aragon). Saya konstan di zona poin, dan meraup poin lebih banyak dari tahun kemarin," ungkapnya. Meski begitu, belum diketahui bagaimana nasib Galang di WorldSSP pada 2022 mendatang.

"Untuk kejuaraan apa, saya masih belum tahu, tergantung manajemen. Masih belum tahu, bisa bertahan, bisa juga di championship lain. Tapi kemungkinan besar masih di motor 600. Mungkin setelah balapan ini bakal ada pengumuman untuk tahun depan," pungkas Galang.

Sumber: Antara

KOMENTAR