BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gagal Turunkan Tim di MotoGP, Michael Jordan Bentuk Tim NASCAR

23-09-2020 08:22 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi dan Michael Jordan di MotoGP Valencia 2004. (c) MotoGP.com Valentino Rossi dan Michael Jordan di MotoGP Valencia 2004. (c) MotoGP.com

Bola.net - Legenda NBA, Michael Jordan dipastikan akan menurunkan tim dengan satu mobil di NASCAR Cup Series pada 2021 mendatang. Jordan bersama Denny Hamlin pun menggaet Bubba Wallace. Demikian yang dilansir The Race pada Selasa (22/9/2020).

Jordan yang pensiun dari arena basket pada pertengahan 2003 dan merupakan enam kali juara NBA, memang diketahui sebagai penggemar motorsport, baik motor maupun mobil. Ia pun mengaku merupakan penggemar NASCAR sejak lama.

"Tumbuh besar di North Carolina, orang tua saya biasa membawa kakak-kakak dan saya untuk nonton balapan, dan saya telah menjadi penggemar NASCAR sepanjang hidup saya. Kesempatan untuk memiliki tim balap saya sendiri, bekerja sama dengan kawan saya, Denny Hamlin, dan menggaet Bubba sebagai pembalap kami, sangatlah menyenangkan," ujar Jordan.

1 dari 3 halaman

Didorong oleh Isu-Isu Rasisme

Jordan juga menyatakan bahwa niatannya memiliki tim balap di NASCAR juga didorong oleh isu-isu rasisme yang kian marak belakangan ini. "Menurut sejarah, NASCAR selalu mengalami masalah keberagaman dan hanya ada sedikit pemilik berkulit hitam. Jadi pengambilan waktu ini tampak sempurna karena NASCAR sedang berevolusi dan merangkul perubahan sosial lebih erat," ungkapnya.

View this post on Instagram

Here’s to new beginnings! 🤘🏾

A post shared by bubbawallace (@bubbawallace) on

Wallace sendiri mengaku sangat bangga bisa ditunjuk Jordan dan Hamlin sebagai pembalap mereka. "Ini kesempatan yang unik dan sekali seumur hidup, dan yang saya yakini cocok untuk karier saya saat ini. Saya bersyukur mereka percaya pada saya dan saya sangat bersemangat memulai petualangan dengan mereka," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Pernah Turunkan Tim di AMA Superbike

Meski begitu, ini bukan pertama kalinya His Airness berkecimpung di dunia balap. Sebagai penggemar MotoGP dan balap motor, Jordan juga pernah menurunkan Michael Jordan Motorsports Racing Team di kejuaraan AMA Superbike (kini MotoAmerica) pada 2004-2013 lalu.

Salah satu pembalap motor yang ia gaet kala itu adalah Roger Lee Hayden, adik dari mendiang juara dunia MotoGP 2006 Nicky Hayden, dan merupakan pembalap eks pembalap WorldSBK dan beberapa kali mendapatkan fasilitas wildcard di MotoGP bersama Honda dan Kawasaki.

Eks pemain Chicago Bulls dan Washington Wizards ini juga sempat mencoba untuk membentuk tim di MotoGP pada 2014, namun batal dikarenakan biaya balap yang sangat tinggi.

Sumber: The Race

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR