BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Gagal Finis pada 2019, Fabio Quartararo Tekad Menang di Silverstone

26-08-2021 11:27 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, tegas ingin merebut kemenangan dalam MotoGP Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone pada 27-29 Agustus mendatang. Pasalnya, ia belum pernah menapakkan kaki di tangga podium di trek tersebut.

Terlebih, Quartararo gagal finis ketika MotoGP terakhir kali menyambangi Silverstone pada 2019, akibat bertabrakan keras dengan Andrea Dovizioso pada lap pembuka. Alhasil, pembalap Prancis berusia 22 tahun ini bertekad balas dendam untuk meraih hasil yang jauh lebih mentereng.

Tak hanya itu, El Diablo juga ingin memperbaiki hasil usai hanya finis ketujuh di Seri Austria, di mana ia sempat memperebutkan kemenangan dengan lima rider lainnya dalam kondisi kering, namun kesulitan ketika hujan deras mengguyur pada empat lap terakhir.

1 dari 2 halaman

Kalau Hujan, Lihat-Lihat Situasi

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) AP Photo
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) AP Photo

Meski hanya finis ketujuh di Seri Austria, Quartararo untungnya tetap mampu memperlebar jarak poin dari para rival terdekatnya dalam perebutan gelar. Ia masih ada di puncak klasemen dengan 181 poin, unggul 47 poin atas Pecco Bagnaia dan Joan Mir yang berbagi tempat di peringkat kedua.

"Saya memulai GP Inggris dengan suasana hati yang sangat positif. Kami mampu memperbesar keunggulan di puncak klasemen usai balapan di Spielberg, dan Silverstone merupakan sirkuit yang sangat saya sukai. Kami mengalami kemajuan besar pada 2019 di sana soal performa," tutur Quartararo via rilis resmi tim, Rabu (25/8/2021).

"Saya rasa balapan kali ini bakal bagus jika kondisi cuacanya baik juga. Jika hujan, kami harus lihat-lihat dulu. Namun, kami akan melakukan yang terbaik. Target saya adalah memperebutkan kemenangan, pertama karena ini salah satu trek favorit saya dan kedua karena ini GP yang penting bagi tim," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Setim dengan Cal Crutchlow

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP
Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Akhir pekan ini, Quartararo juga akan mendapatkan tandem baru, yakni sang test rider Yamaha, Cal Crutchlow. Rider tuan rumah ini diminta untuk menggantikan Maverick Vinales, yang berpisah dari Yamaha efektif sejak 20 Agustus akibat insiden kontroversial di Seri Styria, di mana ia dianggap sengaja merusak mesin YZR-M1.

Crutchlow, yang memutuskan pensiun pada akhir 2020, sempat turun balapan di Seri Styria dan Austria, diminta untuk membela Petronas Yamaha SRT sebagai pengganti sementara Franco Morbidelli yang tengah cedera lutut. Ia pun akan kembali bekerja dengan Silvano Galbusera, yang tadinya merupakan sang crew chief di tim uji coba.

"Saya senang bisa membela Monster Energy Yamaha di GP Inggris. Menyenangkan bisa kembali berkendara di Austria usai waktu yang begitu lama, jadi kini saya menanti balapan dengan tim pabrikan dan bekerja dengan crew chief tim uji coba, Silvano Galbusera, dan semua anggota tim yang sudah saya kenal dengan baik," tutupnya.

Sumber: Monster Energy Yamaha

KOMENTAR