Gagal Finis dan Tergeser dari Puncak Klasemen, Charles Leclerc: Ambil Positifnya Saja

Anindhya Danartikanya | 23 Mei 2022, 11:35
Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc (c) AP Photo
Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, harus pulang dari Sirkuit Barcelona-Catalunya dengan menelan rasa pahit usai gagal finis di Formula 1 GP Spanyol, Minggu (22/5/2022) akibat kerusakan mesin. Leclerc mengaku kecewa, namun menyebut juga banyak hal positif yang bisa dipetik dari balapan ini.


Memulai balapan dari pole, Leclerc menjalani start dengan baik dan memimpin balapan dengan cukup mudah. Namun, ia mendadak kehilangan tenaga mesin pada Lap 27 dari 66 lap yang tersedia. Ia akhirnya terpaksa kembali ke pit dan gagal finis. Ferrari kemudian mengonfirmasi adanya kendala pada power unit-nya.

"Saya tak tahu apa-apa terlebih dari yang terjadi. Saya tak punya indikasi sebelumnya, dan mobil saya rusak begitu saja dan saya benar-benar kehilangan tenaga. Sangat disayangkan," ungkap Leclerc kepada Sky Sports usai balap, seperti yang dikutip oleh Autosport.

1 dari 2 halaman

Yang Penting Buktikan Punya Performa Kuat

Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc (c) AP Photo

Selain gagal finis, Leclerc juga harus legawa kemenangan jatuh ke tangan pesaing terdekatnya dalam perebutan gelar dunia, yakni pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen. Tak hanya itu, ia kini juga melorot ke peringkat kedua pada klasemen pembalap dengan 104 poin, tertinggal 6 poin dari Verstappen.

"Kami akan memeriksanya dan tak bisa memperbolehkan hal macam ini sering terjadi sepanjang musim. Jadi, kami harus menemukan masalahnya. Kami kehilangan puncak klasemen dan itu tak apa-apa. Saya tak memperhatikannya," ujarnya.

"Saya rasa yang paling penting adalah performa Anda sendiri, dan soal performa, kami tampil sangat baik. Jadi, saya tak sabar untuk pulang pekan depan dan semoga kami bisa meraih hasil baik," lanjut pembalap berusia 24 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Nantikan Seri Kandang

Formula 1 GP Spanyol 2022 di Sirkuit Barcelona-Catalunya (c) AP Photo

Leclerc pun mengaku akan berusaha memetik hal-hal positifnya saja dari balapan kali ini. "Pada momen-momen itu, saya yakin tak ada yang bisa saya lakukan selain melihat positifnya dan ada banyak hal positif akhir pekan ini," tuturnya.

"Ada ritme kualifikasi yang baik, ritme balap, dan yang terpenting, manajemen ban. Padahal itu kelemahan kami di beberapa seri terakhir. Saya rasa kami jelas menemukan sesuatu akhir pekan ini, jadi ini bikin saya percaya diri menghadapi sisa musim," tutupnya.

F1 GP Monako akan digelar di Sirkuit Monte Carlo pada 27-29 Mei 2022. Sebagai catatan, sejak menjalani debutnya di F1, Leclerc tak pernah finis di seri kandangnya ini.

Sumber: Sky Sports, Autosport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR