BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gagal Finis, Andrea Dovizioso Ogah Salahkan Johann Zarco

28-09-2020 14:49 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) AP Photo Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, menolak untuk menyalahkan Johann Zarco dalam insiden tabrakan mereka di Tikungan 2 pada lap pembuka MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Minggu (27/9/2020). Hal ini ia sampaikan via GPOne usai balap.

Zarco diketahui mengerem mendadak di Tikungan 2 demi menghindari Danilo Petrucci yang nyaris terjatuh sehabis menyalipnya. Sayangnya, justru ban depan Zarco sendiri yang selip dan rider Prancis itu terjatuh. Sayangnya, ia ikut menyeret serta Dovizioso.

"Saya refleks menghindari Danilo, saya pun mengerem dan nyatanya malah jatuh. Masalahnya, Dovi tak bisa menghindar dan kami sama-sama jatuh. Yang lebih krusial, Dovi sedang ikut perebutan gelar. Ini bikin saya sedih, tapi jika tak mengerem, saya rasa saya bakal menabrak Danilo dan hasilnya bakal sama saja," ujar Zarco.

1 dari 3 halaman

Insiden yang Sulit Diterima

Andrea Dovizioso dan Johann Zarco (c) AP Photo Andrea Dovizioso dan Johann Zarco (c) AP Photo

Dovizioso pun mengakui hasil buruk ini susah ia terima karena ia bahkan belum menjalani satu lap pun, apalagi insiden ini terjadi bukan akibat salahnya. Rider Italia ini start dari posisi 17, dan mampu memperbaiki posisi sebelum terjatuh. Nyatanya, ia harus menelan pil pahit.

"Hal-hal macam ini sangat sulit diterima, apalagi jika terjadi di tikungan pertama dan bukan kesalahan Anda sendiri. Saya menjalani start dengan baik dan naik beberapa posisi, namun itulah yang terjadi," ungkap rider Italia berusia 34 tahun ini.

Dovizioso juga menyatakan ia dan Zarco sudah membicarakan insiden ini, dan tiga kali runner up tersebut ogah menyalahkan siapa pun. Menurutnya, kesalahan ini bisa dilakukan siapa saja dan kapan saja.

2 dari 3 halaman

Bisa Terjadi Kapan Saja

"Hal macam ini memang bisa terjadi, tak ada gunanya menyalahkan seseorang. Usai balapan, Johann mendatangi saya untuk bicara, tapi tak banyak yang bisa kami bicarakan. Ia melakukan kesalahan karena ia takut dan terjatuh. Tapi yang jelas kami tak berdebat," ungkapnya.

Akibat hasil buruk ini, Dovizioso yang tadinya memimpin klasemen, kini melorot ke peringkat keempat, tetap dengan koleksi 84 poin. Kini ia tertinggal 14 poin dari Fabio Quartararo yang kembali berada di puncak.

"Fakta bahwa apa pun bisa terjadi musim ini, justru bikin saya berpikir positif. Tapi tetap saja, saya harus melaju cepat. Di atas kertas, kans merebut gelar makin sulit, karena ada beberapa rider di depan saya pada klasemen, dan mereka lebih cepat serta konsisten daripada saya," tutupnya.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Deretan Momen MotoGP Catalunya, Quartararo Menang dan Rossi Jatuh

KOMENTAR