BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Franco Morbidelli Ucapkan Salam Perpisahan Emosional pada Petronas SRT

16-09-2021 14:55 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Usai mengalami cedera lutut kiri yang cukup parah dan absen 2,5 bulan, Franco Morbidelli dipastikan akan kembali berlaga dalam MotoGP San Marino yang bakal digelar di Sirkuit Misano pada 17-19 September. Namun, saat turun lintasan nanti, ia akan ganti seragam dan tim, karena akan membela Monster Energy Yamaha.

Kans ini mendadak didapat Morbidelli usai Maverick Vinales berpisah dari Yamaha sejak 20 Agustus lalu. Alhasil, pembalap Italia berdarah Brasil ini harus mengucapkan selamat tinggal kepada krunya di Petronas Yamaha SRT. Usai tak berjumpa dua bulan lebih, akhirnya mereka berjumpa lagi di Misano pada Rabu (15/9/2021).

Morbidelli pun mengumpulkan seluruh krunya di SRT, termasuk sang manajer tim, Wilco Zeelenberg, dan sang crew chief, Ramon Forcada, serta teknisi data, para mekanik, dan press officer-nya. Lewat Instagram, Morbidelli pun mengunggah foto perjumpaan mereka dan mengucapkan salam perpisahan yang emosional.

1 dari 2 halaman

Berdoa Sama-Sama Sukses

"Orang-orang ini telah berada di sisi saya selama 2,5 tahun. Kami melewati banyak momen menakjubkan, dan bersama-sama pula kami bertarung sengit dan bekerja dalam harmoni... Sungguh berat bagi saya berpisah dari kru ini, dan saya yakin mereka merasakan hal yang sama, namun kadang beginilah jalannya olahraga ini..." tulis Morbidelli.

Pembalap 26 tahun ini bergabung dengan SRT pada 2019, usai musim yang berat bersama Marc VDS Honda. Tahun lalu, ia sukses meraih lima podium dan tiga kemenangan bersama kru tersebut, dan bahkan sukses jadi runner up. Musim ini, ia baru sekali naik podium usai finis ketiga di Jerez, namun progresnya terhenti akibat cedera lutut pada akhir Juni.

"Saya hanya bisa mensyukuri kesempatan bekerja sama dengan orang-orang yang hebat dan profesional ini! Besok, bab baru akan dimulai bagi kami semua. Semoga semuanya berjalan menyenangkan seperti yang kami punya bersama sebelumnya... atau lebih baik! Terima kasih banyak, @sepangracingteam," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Formasi Crew Chief Morbidelli dan Dovizioso

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT
Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT

Selama absen balapan, Morbidelli digantikan oleh tiga pembalap berbeda, yakni Garrett Gerloff (pembalap GRT Yamaha WorldSBK), Cal Crutchlow (test rider Yamaha), dan Jake Dixon (pembalap Petronas Sprinta Racing Moto2). Namun, mulai Seri San Marino, posisinya akan digantikan Andrea Dovizioso, yang sempat vakum semusim belakangan.

Dovizioso juga akan membela tim yang sama tahun depan, meski belum ada pernyataan resmi dari skuad asal Malaysia tersebut karena masih menunggu konfirmasi sponsor utama baru untuk 2022. Pada sisa musim ini, Dovizioso akan bekerja dengan Forcada, sementara Morbidelli akan bekerja dengan Silvano Galbusera.

Meski begitu, formasi crew chief ini diperkirakan bisa berubah lagi. Kabar yang beredar di paddock MotoGP menyatakan Forcada bisa jadi ikut Morbidelli kembali ke tim pabrikan tahun depan. Di lain sisi, belum diketahui siapa yang akan jadi crew chief Dovizioso, karena Galbusera sejatinya merupakan crew chief Crutchlow di tim uji coba Yamaha.

Sumber: Instagram/FrankyMorbido12

KOMENTAR