BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Franco Morbidelli Tekad Jegal Valentino Rossi di Semua Sesi MotoGP 2021

04-01-2021 13:01 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

Bola.net - Mereka memang boleh jadi bersahabat, namun hal ini tak membuat Franco Morbidelli serta-merta berbaik hati pada Valentino Rossi saat mereka mulai bertandem di Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan La Gazzetta dello Sport, seperti yang dikutip Corsedimoto, Rabu (30/12/2020).

Pada 2020, Morbidelli sukses menjadi runner up sekaligus jadi rider Yamaha terbaik, hal yang tak disangka-sangka karena tiga rider Yamaha lainnya justru mengunggulinya pada awal musim. Morbidelli mengaku senang hasil baik ini akhirnya ia raih, namun ia tak memungkiri ada hal lain yang mengganjal di hatinya, yakni jumlah poin.

Pada klasemen pembalap, rider Italia berdarah Brasil ini mengoleksi 158 poin, hanya 13 poin tertinggal dari sang juara dunia, Joan Mir. Padahal, sepanjang 2020, Morbidelli juga termasuk salah satu rider yang konsisten, namun kerap sial akibat masalah teknis yang terjadi pada motor YZR-M1 miliknya.

1 dari 3 halaman

Ogah Disebut 'Penyelamat' Wajah Yamaha

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

"Meski saya merupakan rider terbaik Yamaha, ada sedikit rasa pahit. Jarak poin saya dengan sang juara sangatlah sempit, dan saya bahkan kehilangan poin seringnya bukan karena kesalahan saya sendiri," ungkap Morbidelli. Meski begitu, ia menolak dianggap sebagai 'penyelamat' wajah Yamaha pada 2020.

"Saya tak suka menganggap hasil ini sebagai tanggung jawab dan kerja keras saya semata. Semua rider Yamaha bekerja dengan sangat baik. Kami meraih tujuh kemenangan. Sayangnya Vale tak beruntung. Namun, secara umum kinerja kami semua sangat baik," lanjut juara dunia Moto2 2017 ini.

Morbidelli juga membicarakan fakta bahwa ia akan menjadi tandem Rossi, yang merupakan mentornya sendiri di VR46 Riders Academy. Morbidelli mengaku rasanya aneh bertandem dengan sosok yang telah membimbingnya sejak usia 10 tahun. Namun, seperti rider lain, ia juga senang bertandem dengan sang sembilan kali juara dunia.

2 dari 3 halaman

Harapkan Musim yang Baik untuk Valentino Rossi, Tapi...

Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (c) SRT/Yamaha Franco Morbidelli dan Valentino Rossi (c) SRT/Yamaha

"Vale, bagi semua pembalap, merupakan rider yang berbeda. Ia bukan sekadar tandem biasa. Bahkan lebih dari sekadar tandem bagi saya. Saya sudah mengenalnya selama bertahun-tahun, dan kami merupakan sahabat, dan ini memberi 'rasa' berbeda pada perasaan saya secara umum," ungkap rider berusia 26 tahun ini.

"Saya yakin kerja sama kami hanya akan memberikan hal-hal positif, dan saya berharap kami bisa tampil baik. Saya mengharapkan musim yang baik padanya, tapi saya akan coba mengalahkannya di tiap sesi dan balapan," pungkas Morbidelli, yang juga rider pertama yang bergabung dengan VR46 Riders Academy.

Morbidelli dan Rossi masih kerap berlatih bersama di Tavullia, Italia. Namun, untuk tampil bersama di lintasan dengan seragam Petronas Yamaha SRT, mereka masih harus menunggu sampai uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, pada 19-21 Februari 2021, dengan syarat tak terhalang pandemi Covid-19.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Jatuhkan Diri dalam Kecepatan Tinggi di MotoGP Styria

KOMENTAR