Franco Morbidelli Takkan Reuni dengan Ramon Forcada, Ganti Crew Chief di MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 5 November 2021, 10:39
Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, resmi takkan 'reuni' dengan Ramon Forcada, crew chief yang bekerja dengannya sejak 2019 dan membantunya jadi runner up MotoGP 2020. Kepada The Race, Kamis (4/11/2021), Morbidelli mengaku akan ganti crew chief tahun depan, dan orang itu adalah Patrick Primmer.


Forcada dikenal sebagai teknisi legendaris MotoGP dan pernah bekerja dengan banyak rider papan atas. Ia juga merebut tiga gelar bersama Jorge Lorenzo. Ia dipastikan bertahan di WithU Yamaha RNF MotoGP Team, yang saat ini masih bernama Petronas Yamaha SRT. Ia akan tetap menjadi crew chief Andrea Dovizioso.

Sejak pindah ke tim pabrikan pada September lalu, Morbidelli pun bekerja dengan Silvano Galbusera, eks crew chief Valentino Rossi. Pada 2020, Galbusera menjadi crew chief tim uji coba Yamaha, tapi bekerja dengan Maverick Vinales pada pertengahan musim ini. Sejak Vinales hengkang, ia pun digandengkan dengan Morbidelli.

1 dari 2 halaman

Tadinya Ingin Forcada Ikut ke Tim Pabrikan

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli saat masih membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2019. (c) SRT

Morbidelli berharap Forcada bisa ikut dengannya ke tim pabrikan pada 2022. Namun, keinginannya ini tak terwujud. Meski begitu, rider Italia ini akan mendapatkan pengganti yang tak kalah baik. Primmer sendiri tadinya diketahui sebagai salah satu teknisi suspensi terbaik Ohlins.

"Saya akan mengalami perubahan, dan Silvano akan tetap melakukan pekerjaan dan tugasnya yang biasanya, yakni memimpin tim uji coba dan program tes. Saya sendiri akan bekerja dengan Patrick, yang sudah ada di sini, dan kami sudah melakukan pendekatan," ungkap Morbidelli, yang juga juara dunia Moto2 2017.

Primmer tadinya bekerja dengan Vinales di Yamaha, namun vakum pada 2020 akibat pandemi Covid-19. Ia tinggal di Australia dan tak bisa bepergian ke Eropa akibat pembatasan syarat pergi ke negara lain. Namun, kini Australia sudah membuka batas negaranya, hingga Primmer kini diundang menghadiri Seri Algarve.

2 dari 2 halaman

Sudah Tak Sabar Kerja Bareng Patrick Primmer

Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli (c) Yamaha MotoGP

"Patrick bersama kami akhir pekan ini. Ia tak langsung bekerja dengan kami, melainkan memeriksa apa yang kami lakukan, memahami masukan-masukan saya, dan program yang sudah saya kerjakan dengan Silvano sejak Misano (Seri San Marino). Saya pun sangat ingin bekerja dengannya," ujar Morbidelli.

Vinales sendiri memberikan pujian tertinggi untuk Primmer tahun lalu. Dalam pernyataannya di sela MotoGP Portugal 2020, Vinales menyatakan bahwa ia dan krunya di Yamaha kala itu 'tersesat' karena Primmer 'terjebak' di Australia.

"Empat balapan terakhir, garasi saya mengalami perubahan besar. Kami kehilangan satu teknisi yang sangat baik dari Ohlins, Patrick, yang punya segudang pengalaman dan memberi kami banyak ide. Tampaknya kami tersesat tanpanya," ungkap Vinales.

Sumber: The Race

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR