BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Franco Morbidelli: Saya Naik Podium Berkat Jasa Valentino Rossi

10-08-2020 09:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, akhirnya 'pecah telur' di MotoGP dengan meraih podium perdananya di Sirkuit Automotodrom Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020), di mana ia finis kedua, di belakang pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder.

Morbidelli yang start dari posisi kedua, langsung memimpin balapan sejak tikungan pertama. Ia pun melenggang bebas di depan dengan keunggulan sekitar satu detik. Meski begitu, ban belakang lunaknya mulai aus pada pertengahan balap, hingga Binder bisa mengejar.

Binder pun menyalipnya pada Lap 13, dan Morbidelli berupaya keras mempertahankan posisi kedua dari ancaman rider Hublot Reale Avintia Racing, Johann Zarco. Rider Italia berusia 25 tahun ini pun berhasil, dan merasa puas akhirnya bisa angkat trofi di kelas tertinggi.

1 dari 3 halaman

Terlecut Fabio Quartararo

"Saya sangat puas atas podium ini. Pada awal balapan saya hanya coba mencari ritme dan mengendalikan ban sebaik mungkin. Tapi setelah 10 lap, saya langsung kesulitan dengan ban, dan pada lima lap terakhir ban saya drop. Saya pun hanya mencoba membawa motor kami 'pulang' dan meraih podium perdana," ujar Morbido via Crash.net.

Rider berdarah Brasil ini pun meyakini bahwa podium ini berkat kerja kerasnya sepanjang masa pramusim, begitu juga lecutan dari tandemnya yang berusia empat tahun lebih muda dan jauh lebih garang sepanjang 2019 dan dua seri pertama tahun ini, Fabio Quartararo

"Tahun lalu sangat berat karena saya pikir saya lebih kuat dari yang saya tunjukkan. Nyatanya, Fabio sangat kuat, jadi saya bilang pada diri sendiri bahwa saya tak mau terus-terusan begitu. Jadi saya bekerja lebih keras, lebih baik, lebih serius, lebih profesional, dan hasilnya terlihat dalam uji coba, saya lebih cepat dari tahun lalu," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Dipercaya Valentino Rossi

Morbidelli juga mengomentari selebrasinya usai finis dengan sang mentor di VR46 Riders Academy, Valentino Rossi, yang telah merekrutnya sebagai anak didik pertamanya pada 2010, bahkan saat akademi tersebut belum resmi terbentuk. Morbidelli juga melakukan selebrasi dengan Marco Bezzecchi, Andrea Migno, dan Stefano Manzi.

"Saya berada di sini berkat Vale, karena ia percaya pada saya saat saya bukan siapa-siapa. Saya tahu ini aneh, karena kami saling melawan di trek, tapi saat balapan berakhir, ia adalah sahabat saya, ia seperti seorang paman atau kakak bagi saya. Jadi usai balapan, saya hanya ingin memeluknya dan para rider dari Academy. Itu momen yang menyenangkan," tutupnya.

Menjelang pekan balap MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring pada 14-16 Agustus mendatang, Morbidelli tengah duduk di peringkat ketiga pada klasemen sementara pembalap dengan koleksi 31 poin, tertinggal 28 poin dari Quartararo yang ada di puncak.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR