BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Franco Morbidelli Doakan Marc Marquez: Tak Ada yang Mau Cedera Separah itu

04-01-2021 13:14 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

Bola.net - Meski mentornya, Valentino Rossi, punya rivalitas pahit dengan Marc Marquez, Franco Morbidelli tetap mendoakan sang rider Repsol Honda untuk cepat pulih dari cedera lengan berkepanjangan. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan La Gazzetta dello Sport, seperti yang dikutip Corsedimoto, Rabu (30/12/2020).

Seperti diketahui, Marquez mengalami kecelakaan di Jerez dalam MotoGP Spanyol, yang membuat tulang humerus kanannya patah. Dua pekan usai operasi, plat titaniumnya patah saat membuka jendela rumah, hingga ia harus absen di sisa musim dan sama sekali dilarang mengendarai motor apa pun, bahkan untuk latihan.

Marquez pun telah menjalani operasi ketiga pada awal Desember 2020, dan diperkirakan butuh waktu enam bulan lagi untuk pulih, yang berarti terancam absen dari rangkaian uji coba pramusim dan beberapa seri pertama MotoGP 2021. Ia pun berharap bisa sembuh lebih cepat agar bisa segera balapan lagi.

1 dari 3 halaman

Penasaran Kondisi Mental dan Fisik Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Global Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Global

Semua pembalap MotoGP pun bersimpati pada Marquez, yang selama ini tampil sangat dominan dan merebut delapan gelar dunia. Morbidelli pun mengaku tak ingat pernah melihat seorang rider harus absen sepanjang musim karena cedera yang sangat parah seperti Marquez.

Mengingat Marquez terancam absen pula pada awal musim 2021, Morbidelli pun merasa sangat iba. "Saya ragu kita pernah melihat cedera yang sebegitu parahnya sampai pembalap harus absen sangat lama, apalagi absen selama setahun," ungkap runner up MotoGP 2020 ini.

"Mungkin Marc malah bisa absen 1,5 tahun, atau mungkin tidak. Namun, hanya Marc yang bisa kembali dari cedera seperti itu, dan kita lihat saja nanti kondisi mental dan fisiknya. Saya berharap ia bisa segera keluar dari situasi ini. Tak seorang pun mengharapkan hal seburuk itu," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Joan Mir Juga Ingin Marc Marquez Cepat Kembali

Joan Mir dan Marc Marquez (c) Suzuki/HRC Joan Mir dan Marc Marquez (c) Suzuki/HRC

Komentar senada juga diungkapkan sang juara dunia, Joan Mir, dalam wawancaranya dengan Sport.es pada Sabtu (26/12/2020) lalu. Rider Suzuki Ecstar ini juga menyatakan dirinya sangat ingin berjuang mempertahankan gelar dunia pada 2021 dengan keberadaan Marquez di lintasan.

"Tentu saya akan makin termotivasi jadi juara jika Marc ada di trek. Saya lebih pilih mengalahkan Marc tahun ini. Namun, mungkin ia tak tahu bagaimana mengendalikan balapan pertama dengan cara terbaik. Ia pun cedera dan akhirnya absen sepanjang musim," ujar Mir.

"Saya tak suka melihat siapa pun mengalami masa-masa buruk, bahkan rival-rival saya. Saya ingin Marc cepat pulih, dan kita lihat nanti apakah pada 2021 kami bisa menjalani pertarungan yang menyenangkan," tutup rider Spanyol ini, yang juga juara dunia Moto3 2017.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Corsedimoto, Sport.es

3 dari 3 halaman

Video: Andrea Dovizioso Menangi MotoGP Austria yang Tak Terlupakan

KOMENTAR