BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Franco Morbidelli Dambakan Karier Panjang di Yamaha, Asal...

15-06-2021 10:38 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, mengaku sangat menginginkan karier panjang bersama Yamaha di MotoGP. Namun, ia juga tak memungkiri bahwa dirinya juga mengharapkan dukungan teknis lebih masif tahun depan, yakni berupa motor YZR-M1 spek pabrikan terbaru seperti para rider Yamaha lainnya.

Untuk tiga tahun beruntun, Morbidelli mengendarai M1 versi 2019. Paket motornya bahkan tidak mengalami upgrade meski ia sukses jadi runner up tahun lalu lewat lima podium dan tiga kemenangan. Ia pun mengawali musim ini dengan jalan yang terseok-seok, bahkan tiga kali gagal meraih poin dalam tujuh seri pertama.

Namun, ada satu momen membanggakan yang diyakini Morbidelli sebagai bukti bahwa dirinya tetap layak diperhitungkan, yakni saat ia berhasil finis ketiga dan kembali naik podium di Jerez, Spanyol. Usai finis kala itu, anggota VR46 Riders Academy ini terlihat sangat bahagia dan melakukan selebrasi dengan bangga.

1 dari 3 halaman

Yakin Bakal Berkembang Lebih Jauh

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Morbidelli pun menyatakan bahwa balapan di Jerez kala itu merupakan balapan terbaiknya sejauh ini. "Saya merasa telah menjalani salah satu balapan terbaik saya di MotoGP. Saya dapat podium dan saya sangat bahagia. Itu adalah momen terbaik musim ini sejauh ini," ungkapnya kepada MotoGP.com, Senin (14/6/2021).

Morbidelli menyatakan bahwa musim 2020 telah memberinya suntikan kepercayaan diri, karena musim itu adalah bukti bahwa ia memang rider yang tangguh meski dapat motor 'jadul' dibanding rider Yamaha yang lain. Menurutnya, momen-momen sulit ini justru membuatnya belajar lebih dewasa.

"Tentu saya mengalami perkembangan besar sebagai pembalap. Jika saya ingin terus menjadi pembalap MotoGP, maka saya harus menyatu dengan situasi yang ada. Sudah jelas tahun ini akan membuat saya berkembang lebih jauh lagi," ujar rider berusia 26 tahun ini, yang juga juara dunia Moto2 2017.

2 dari 3 halaman

Ingin Dapat Motor Baru

Saat ini, Morbidelli sudah menggenggam kontrak untuk musim 2022. Namun, lagi-lagi berbeda dari rider Yamaha lainnya, kontrak Morbidelli ini hanya terikat pada Petronas SRT. Ia pun berharap bisa tetap bertahan di Yamaha pada 2023, namun juga ingin mendapatkan apresiasi lebih lewat tersedianya motor M1 spek pabrikan terbaru.

Morbidelli juga ingin ikut mengembangkan motor Yamaha lebih baik untuk masa depan. "Saya ingin melanjutkan perjalanan saya bersama Yamaha. Saya juga ingin mencoba motor baru mereka, untuk melihat sensasi apa yang akan saya rasakan, untuk melihat bagaimana rasanya mengendarai motor itu," kisahnya.

"Saya juga ingin melompat ke dalam perahu yang tengah dipakai berlayar oleh para pembalap Yamaha lainnya sekarang. Saya ingin coba ikut meningkatkan performa paket motor kami, mencoba menjalani balapan-balapan yang hebat. Itulah yang sangat saya nantikan," pungkas pembalap Italia berdarah Brasil ini.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR