BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Franco Morbidelli Bisa Juarai MotoGP 2020, Tapi Belum Boleh Kepikiran'

17-09-2020 15:30 | Anindhya Danartikanya

Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT Ramon Forcada dan Franco Morbidelli (c) SRT

Bola.net - Crew chief Franco Morbidelli, Ramon Forcada, sangat senang melihat pembalapnya sukses memenangi MotoGP San Marino yang digelar di Misano, Minggu (13/9/2020) lalu. Menurutnya, sudah selayaknya Morbidelli menang di sirkuit tersebut, di mana ia rutin berlatih dengan VR46 Riders Academy dengan motor superbike YZF-R1.

Meski motor YZR-M1 miliknya berbeda dari milik Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi, pembalap Petronas Yamaha SRT ini tetap mampu menyajikan performa apik sejak masa pramusim. Ia selalu kompetitif di tiap balapan, dan hanya terpuruk ketika dapat kesialan akibat faktor eksternal.

Morbidelli sukses finis kelima di MotoGP Spanyol, dan nyaris meraih podium dengan finis kedua di MotoGP Andalusia sebelum mesinnya mengalami kerusakan. Ia pun meraih podium perdananya di MotoGP usai finis kedua di Ceko. Di Austria, ia sempat bertarung di posisi 8 besar sebelum tertabrak oleh Johann Zarco.

1 dari 3 halaman

Bisa Lebih Baik Lagi di Sisa Musim

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

Saat di Styria, Morbidelli hanya mampu finis di posisi 15 usai semua pembalap Yamaha terpuruk akibat berbagai masalah teknis pada M1. Namun, Morbidelli bangkit di Misano, kompetitif di setiap sesi. Start kedua, ia langsung memimpin balapan dan melenggang bebas dari para rivalnya sampai finis.

"Saat karantina, ia melakukan perubahan. Sejak itu semua berjalan sangat baik. Di Jerez, ia tampil baik, di Brno ia finis kedua, di Austria... lebih baik dilupakan saja. Di Misano, kami menang, tempat di mana ia biasa naik R1. Ia banyak berubah sejak musim dingin lalu," ujar Forcada lewat Sky Sport seperti yang dilansir Corsedimoto, Rabu (16/9/2020).

Forcada, yang pernah menang bareng Alex Barros, Carlos Checa, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales, dan kini Morbidelli, yakni rider Italia itu bisa tampil lebih baik lagi di sisa musim. "Franco masih punya kesempatan. Tahun ini ia mengalami kemajuan besar, rasa percaya dirinya meningkat. Akhir pekan nanti, bisa jadi ia meraih hasil baik lagi," tuturnya jelang MotoGP Emilia Romagna, juga di Misano, 18-20 September.

2 dari 3 halaman

Morbidelli Bisa Jadi Juara, Tapi Tak Boleh Terlena

Forcada pun yakin tanpa kesialan di Andalusia, Austria, dan Styria, Morbidelli bisa jadi tengah memimpin klasemen sementara pembalap dan punya kans besar merebut gelar dunia. Tapi mengingat peta persaingan yang sangat acak musim ini, Forcada juga tak mau menutup kemungkinan juara, walau ia tak mau Morbido kelewat terlena.

"Jika situasinya normal, sudah jelas ia dapat podium di Jerez. Apalagi jika ia finis di Austria, sudah pasti bisa ikut berebut gelar. Tapi balapan macam itu bisa saja terjadi, tak ada yang aneh. Ia bisa saja juara karena kali ini tak ada yang dominan, tapi takkan mudah. Jadi, memikirkan gelar bukan strategi yang tepat, kami hanya harus memikirkan cara tampil baik tiap balapan," tutupnya.

Menjelang MotoGP Emilia Romagna, Morbidelli pun tengah duduk di peringkat 7 pada klasemen pembalap dengan koleksi 57 poin, hanya tertinggal 19 poin dari sang pemuncak, Andrea Dovizioso (Ducati Team) dengan 8 balapan tersisa.

Sumber: Sky Sport/Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR