BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Franco Morbidelli Akhirnya Putuskan Operasi ACL dan Meniskus Lutut Kiri

25-06-2021 08:19 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, terpaksa mengambil keputusan genting dan krusial dalam mengatasi masalah lutut kirinya yang sudah bermasalah selama enam tahun. Menurut rilis resmi tim via Twitter pada Kamis (24/6/2021), Morbidelli akhirnya memilih untuk menjalani operasi di Italia pada Jumat (25/6/2021).

Morbidelli sudah bergelut dengan cedera ini sejak pertengahan 2015 akibat patah kaki, yang membuat ligamen krusiat anterior (ACL) pada lututnya terkilir dan ia harus absen dari banyak balapan di Moto2. Dalam diam, ia ternyata terus mengalami kesulitan pada lututnya dan masih menjalani perawatan hingga enam tahun berselang.

Namun, cedera ini terendus ketika ia jatuh di pitlane saat ganti motor dalam simulasi flag-to-flag MotoGP Le Mans. Tersungkur, 'Franky' sulit bangkit hingga harus dibopong para mekanik. Usai insiden, Morbidelli mengaku kondisi lututnya memburuk akibat kecelakaan lagi dalam latihan motor di Tavullia pada musim dingin awal tahun ini.

1 dari 3 halaman

Momok Menakutkan Cedera ACL

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Insiden latihan itu pun merusak meniskusnya. Morbidelli mengaku cara terbaik mengatasi cedera ini adalah operasi, namun pemulihan yang sangat panjang membuatnya urung, dan lebih memilih untuk menjalani fisioterapis secara rutin ketimbang absen panjang dari MotoGP.

Sayang, usai menjalani pekan balap MotoGP Sachsenring, Morbidelli ternyata pulang ke Tavullia untuk latihan motor dan kecelakaan lagi. Lututnya kembali sakit dan ia pun harus absen dari Assen. Usai pemeriksaan medis, ternyata operasi ACL dan meniskus tak terhindarkan.

Kerusakan ACL pada lutut diketahui sebagai momok menakutkan bagi banyak atlet dunia akibat masa pemulihan yang sangat panjang. Meski lamanya belum ditentukan, Morbidelli setidaknya punya waktu enam pekan untuk pulih sebelum coba kembali berlaga di MotoGP Styria, 6-8 Agustus.

Berikut pernyataan Petronas Yamaha SRT lewat Twitter dan Franco Morbidelli lewat Instagram.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Petronas Yamaha SRT dan Franco Morbidelli

Pernyataan Petronas Yamaha SRT:

"Kabar terbaru soal cedera: @FrankyMorbido12 akan menjalani operasi.

"Menyusul konsekuensi dari cedera sebelumnya yang kambuh pada Selasa dalam sebuah sesi latihan, disertai hasil yang ditunjukkan tes yang dilakukan beberapa hari belakangan, Franco memutuskan untuk menjalani operasi besok, Jumat, 25 Juni.

"Profesor Maurilio Marcacci dan timnya akan mengintervensi demi mengatasi masalah pada meniskus dan ligamen krusiat anterior pada lutut kiri Franco. Kabar selanjutnya soal masa pemulihan akan diumumkan segera."

Pernyataan Franco Morbidelli:

"Seperti yang banyak dari kalian ketahui, saya takkan balapan di Assen akhir pekan ini usai mengalami episode lain soal selip yang menyakitkan pada lutut saya dalam latihan. Saya merasa bagi saya inilah saat yang tepat untuk mengatasi cedera yang mengganggu ini.

"Saya akan coba kembali sesegera mungkin dan dalam kondisi yang sebaik mungkin! Saya akan merindukan tim saya, motor saya, dan kalian semua. Namun, saya yakin bahwa saya takkan butuh waktu lama! Terima kasih atas pesan-pesan kalian yang menakjubkan!"

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR