BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Franco Morbidelli Akhirnya Latihan Motor: Comeback di MotoGP Aragon atau Misano?

01-09-2021 10:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Usai absen dari MotoGP sejak akhir Juni akibat cedera lutut kiri yang cukup parah, Franco Morbidelli akhirnya kembali menjalani latihan motor superbike di Sirkuit Misano, Italia, pada Selasa (31/8/2021). Sesi latihan ini pun membuktikan bahwa kondisi lutut pembalap berusia 26 tahun tersebut mulai membaik.

Morbidelli harus menjalani operasi cukup besar pada lutut kirinya, demi memperbaiki kerusakan meniskus dan ligamen krusiat anterior (ACL) yang kondisinya sempat memburuk akibat berbagai kecelakaan, utamanya akibat kecelakaan motocross pada 2015 lalu. Alhasil, ia harus absen sejak Seri Assen, Belanda.

Proses rehabilitasi Morbidelli pun terus mengalami kemajuan, dan kini ia sudah mulai latihan dengan motor YZF-R1 di Misano, bersama para test rider MotoGP dan beberapa pembalap reguler Ducati yang menjalani program Ducati Team Building dengan motor superbike pula.

1 dari 2 halaman

Bela Monster Energy Yamaha Saat Kembali

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Selama absen, posisi Morbidelli di Petronas Yamaha SRT diisi oleh Garrett Gerloff, Cal Crutchlow, dan Jake Dixon. Ia diperkirakan baru kembali di Seri San Marino di Sirkuit Misano pada 17-19 September. Tapi ia takkan kembali sebagai rider Petronas SRT, melainkan sebagai rider Monster Energy Yamaha, sebagai pengganti Maverick Vinales.

Seperti yang diketahui, langkah pemindahan Morbidelli ke tim pabrikan ini diambil oleh Yamaha akibat efek domino dari perpisahan dengan Vinales efektif sejak 20 Agustus lalu. Pasalnya, Top Gun dinilai telah melakukan tindakan tak lazim pada empat lap terakhir Seri Styria, yang dianggap berpotensi merusak mesin YZR-M1.

Uniknya, Sky Sport melaporkan bahwa Morbidelli tak perlu menunggu sampai Seri San Marino untuk kembali balapan. Latihan superbike itu pun diperkirakan sebagai tanda bahwa rider Italia berdarah Brasil tersebut justru akan kembali berlaga lebih awal, yakni di Seri Aragon, Spanyol, pada 10-12 September nanti.

2 dari 2 halaman

Line up Yamaha di Aragon Masih Jadi Tanda Tanya

"Sedikit lebih dari dua bulan usai operasi pada ACL lutut kiri (dijalankan pada 25 Juni), Morbidelli kembali beraksi: Franky turun lintasan dengan motor jalanan Yamaha siang ini di Sirkuit Misano, pada hari yang sama di mana Vinales menjalani kontak pertama dengan Aprilia. Debutnya sebagai (pengendara) M1 pabrikan diperkirakan terjadi di Aragon," tulis Sky Sport via Instagram.

Crutchlow, yang membela Monster Energy Yamaha sebagai pengganti Vinales di Seri Silverstone akhir pekan lalu, mengonfirmasi kepada MotoGP.com bahwa dirinya akan tetap berlaga di Seri Aragon. Meski begitu, test rider Yamaha ini tak mengungkapkan tim mana yang akan ia bela.

Jika Morbidelli memang kembali balapan dan membela Monster Energy Yamaha mulai Seri Aragon, Crutchlow bisa jadi kembali membela Petronas Yamaha SRT, sebelum tempat tersebut diambil alih oleh Andrea Dovizioso di Seri San Marino mendatang.

Sumber: Sky Sport, MotoGP

KOMENTAR