Formula 1 ke Qatar, Aleix Espargaro: Pasti Aspalnya Bakal Rusak!

Anindhya Danartikanya | 1 Oktober 2021, 11:43
Formula 1 ke Qatar, Aleix Espargaro: Pasti Aspalnya Bakal Rusak!
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini MotoGP, Aleix Espargaro, tak menutup-nutupi kekecewaannya ketika Formula 1 mengumumkan akan menggelar balapan di Sirkuit Losail, Qatar, pada 19-21 November 2021, begitu juga pada 2023-2032 mendatang.

Musim ini, F1 memang sempat mencari-cari trek mana yang bisa mereka jadikan tuan rumah eri ke-20. Pilihan mereka pun jatuh ke Losail, yang ternyata juga bersedia menjamu kejuaraan balap mobil terakbar di dunia tersebut. Pengumuman resmi dirilis pada Kamis (30/9/2021).

Uniknya, pengumuman itu juga menyatakan Sirkuit Losail dan Liberty Media selaku promotor F1, menandatangani kontrak 10 tahun untuk menggelar balapan F1 pada 2023-2032. Keputusan tak menggelar balapan 2022 pun diambil karena kawasan tersebut akan jadi tuan rumah Piala Dunia.

1 dari 2 halaman

Jadi Trek Kelima yang Gelar MotoGP dan F1

Sirkuit Losail, Qatar (c) MotoGP.com

Sirkuit Losail, Qatar (c) MotoGP.com

Sebelumnya, Losail identik sebagai tuan rumah MotoGP sejak 2004, dan balapannya digelar malam hari sejak 2008. Menjelang MotoGP Austin, Espargaro pun mengaku kepada Crash.net bahwa ia tak terlalu senang atas kedatangan F1 ke Losail.

MotoGP dan F1 diketahui berbagi empat sirkuit yang sama, yakni Circuit of The Americas, Barcelona-Catalunya, Red Bull Ring, dan Silverstone. Belakangan, akibat Covid-19, mereka juga berbagi Mugello dan Portimao.

Uniknya, di trek-trek ini, para rider MotoGP kerap mengeluhkan aspal yang bergeronjal akibat downforce mobil-mobil F1. Hal inilah yang dikeluhkan oleh Espargaro mengenai kedatangan F1 ke Losail.

2 dari 2 halaman

Puji Aspal Losail yang Rata Selama Dipakai MotoGP

Aleix Espargaro saat berlaga di MotoGP Qatar 2021. (c) Aprilia Racing

Aleix Espargaro saat berlaga di MotoGP Qatar 2021. (c) Aprilia Racing

"Ini kabar buruk! Saya suka Qatar. Saya suka sirkuitnya, dan mobil-mobil F1 biasanya merusak semuanya akibat downforce-nya! Jadi, kita lihat saja nanti," ungkap pembalap Spanyol berusia 32 tahun ini.

"Saya senang untuk orang-orang di Qatar, karena mereka bisa menikmati MotoGP dan F1, dan ini fantastis. Namun, soal treknya, aspalnya saat ini sangat rata dan sangat baik. Jadi, saya berharap F1 tak terlalu merusaknya," pungkasnya.

Musim depan, Losail juga takkan menggelar uji coba pramusim MotoGP seperti biasanya, karena uji coba tersebut dialihkan ke Mandalika, Indonesia. Meski begitu, uji coba pramusim di Losail akan kembali digelar pada 2023 nanti.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR