BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fisioterapis Marc Marquez Tulis Surat Mengharukan: Kau Tak Perlu Membuktikan Apa pun!

13-04-2021 12:29 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Fisioterapis Marc Marquez, Carlos J. Garcia, menuliskan surat terbuka yang mengharukan mengenai kembalinya sang delapan kali juara dunia berkompetisi di MotoGP usai 10 bulan bergelut dengan cedera patah tulang humerus kanan. Surat itu diunggah Garcia lewat Instagram pada Senin (12/4/2021), sebelum Marquez berangkat ke Portimao, Portugal.

Seperti diketahui, tulang humerus Marquez patah usai kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol 2020. Usai menjalani operasi penanaman plat titanium, Marquez kembali ke Jerez untuk coba turun di sesi latihan MotoGP Andalusia. Namun, usai turun di sesi FP3, delapan kali juara dunia ini memutuskan mundur karena lengannya bengkak.

Sialnya lagi, saat ia hendak berangkat ke Ceko untuk kembali balapan, platnya malah patah ketika membuka jendela rumah, hingga harus operasi kedua kali. Sejak itu, pemulihan Marquez melambat dan ia terpaksa absen semusim. Ia akhirnya memutuskan menjalani operasi ketiga untuk cangkok tulang pada Desember, usai diketahui ada infeksi pada lengannya.

Garcia, yang juga fisioterapis di Clinica Mobile, diketahui selalu mendampingi Marquez sejak cedera bahu kiri pada akhir 2018, dan tetap menangani rider Repsol Honda itu ketika cedera bahu kanan pada akhir 2019. Usai cedera patah tulang humerus, Garcia pun dipanggil lagi. Bahkan, Garcia harus tinggal di Cervera untuk menjalankan tugasnya.

1 dari 3 halaman

Di Balik Atlet Hebat, Ada Orang Baik

Lewat Instagram, Garcia pun mengungkapkan rasa kagum pada Marquez yang sangat gigih melewati masa kelam ini, walau proses pemulihannya sangat rumit. "Kau tak perlu membuktikan apa pun kepada siapa pun, kau adalah Marc. Orang-orang yang dekat denganmu dalam masa sulit ini tahu bahwa di balik seorang atlet, kau adalah orang yang baik," tulis Garcia.

"Kita telah mengerahkan segalanya dan menyelesaikannya dengan cepat, namun sembilan bulan ini merupakan periode terlama dalam hidup kita. Kita telah mengerahkan segalanya demi satu target. Kita akhirnya memenuhi target itu dan telah membayar semuanya lebih dari yang kita alami, lebih dari yang TIDAK kita alami, dan lebih dari yang kita derita. Beberapa bulan terakhir sangat berat, tapi kita selalu coba melihat secercah cahaya di akhir lorong gelap.

"Jika ada hal yang kupelajari dalam bulan-bulan ini, maka itu adalah seorang atlet butuh talenta untuk jadi sukses, namun tak hanya talenta. Anda harus KERJA KERAS, melakukan apa pun yang diharuskan, bukan apa yang Anda inginkan. Bangun pagi, disiplin, konsisten, tahu cara beristirahat, makan makanan sehat, latihan keras... segalanya, tak peduli seberapa lama; meski impian Anda nyaris sirna dan ada keraguan soal kapan Anda bisa kembali berkompetisi.

"Tampaknya cahaya yang sudah kita bayangkan setiap hari di ujung lorong gelap akhirnya muncul. @marcmarquez93 akan meraih banyak gelar dunia, namun Marc yang sesungguhnya takkan berubah," pungkas Garcia, yang kemudian mendapatkan komentar balasan dari Marquez.

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Merasa Emosional

Marquez, yang belakangan ini diketahui telah latihan minibike dan motor RC213V-RS, mengaku terharu ketika membaca surat Garcia. Rider berusia 28 tahun ini mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pria asal Spanyol tersebut karena tak hanya membantu fisiknya pulih, melainkan juga membantu mentalitasnya tetap kuat.

"Sialan, kau bikin aku jadi emosional! Tak seorang pun tahu lebih baik daripada kau soal berapa banyak waktu yang kita habiskan bersama tanpa kehilangan penglihatan pada target kita, yakni kembali mengendarai motor dan berkompetisi! Terima kasih karena sudah membantuku tetap termotivasi dan semangat setiap hari. Masih ada pekerjaan yang harus kita lakukan, namun kita telah melewati tahapan yang paling penting," tulis Marquez.

Marquez pun dipastikan akan berlaga di Sirkuit Portimao pada 16-18 April mendatang. Kini ia akan bertandem dengan rival beratnya sejak anak-anak, Pol Espargaro. Selama absen, ia digantikan oleh test rider Honda, Stefan Bradl. Bradl sendiri mengaku akan tetap hadir di Portimao untuk siap siaga jika Marquez harus absen lagi.

Sumber: Instagram/FisioCarlosJGarcia

3 dari 3 halaman

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap

KOMENTAR