Finlandia Siap Gelar MotoGP 2020 di Kymi Ring

Anindhya Danartikanya | 18 Januari 2019, 10:30
Finlandia Siap Gelar MotoGP 2020 di Kymi Ring
Finlandia siap gelar MotoGP 2020 di Kymi Ring (c) AFP

Bola.net - Promotor balap Finlandia menyatakan bahwa Sirkuit Kymi Ring akan siap menggelar balapan MotoGP pada 2020 mendatang, demikian yang disampaikan Federasi Balap Motor Finlandia dalam jumpa pers di Helsinki pada Rabu (16/1) lalu seperti yang dilansir Motorsport.com.

Kerja sama antara Kymi Ring dan promotor MotoGP, Dorna Sports sejatinya telah diumumkan pada awal 2018, namun CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengaku ragu bisa memasukkan sirkuit tersebut ke jadwal balap MotoGP 2019 usai proses pembangunan yang kerap terkendala cuaca dingin. Alhasil, MotoGP tetap hanya menggelar 19 seri tahun ini.

Pembangunan Kymi Ring saat ini baru mencapai 20%, meski para rider MotoGP telah dijadwalkan bakal menjalani uji coba di sirkuit tersebut pada 28-29 Agustus mendatang. Jika pembangunan trek belum selesai pada tanggal tersebut, maka masa uji coba tersebut akan dialihkan ke Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino.

Kymi Ring dalam proses pembangunan. (c) Wikipedia/Tuomas VitikainenKymi Ring dalam proses pembangunan. (c) Wikipedia/Tuomas Vitikainen

"Menjadi satu-satunya penyelenggara di Eropa Utara dan bersebelahan dengan penggemar Rusia, Kymi Ring bisa memberikan nilai yang unik pada kalender balap MotoGP," ujar Presiden Federasi Balap Motor Finlandia, Tapio Nevala.

"Finlandia memiliki warisan yang unik dalam dunia balap motor, dan hal ini memberi kami informasi penting soal apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kejuaraan balap motor terakbat dan ini akan membantu kami dalam menggelar balapan lain," ungkap CEO AKK Sports, Tatu Lehmuskallio.

Saat ini Finlandia tak memiliki perwakilan di MotoGP, Moto2 dan Moto3, meski Mika Kallio yang merupakan test rider KTM masih berpeluang diturunkan sebagai pebalap wildcard. Jika Finlandia benar-benar menggelar MotoGP pada 2020 nanti, maka ini akan jadi Grand Prix Finlandia pertama sejak Imatra menjadi penyelenggara pada 1981 silam.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR