FIA Tak Sanksi Pembalap Rusia, Nikita Mazepin Tetap Balapan di Formula 1

Anindhya Danartikanya | 2 Maret 2022, 08:47
Pembalap Haas F1 Team, Nikita Mazepin (c) AP Photo
Pembalap Haas F1 Team, Nikita Mazepin (c) AP Photo

Bola.net - Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) memutuskan tak menjatuhkan sanksi kepada para pembalap Rusia yang turun dalam kejuaraan-kejuaraan yang mereka naungi. Keputusan ini mereka ambil dalam rapat darurat World Motor Sport Council (WMSC), Selasa (1/3/2022) menyusul invasi Rusia kepada Ukraina sepekan belakangan.


Dengan keputusan ini, maka pembalap Rusia, Nikita Mazepin, dipastikan tetap bisa berkompetisi di Formula 1 2022 bersama Haas F1 Team. Seperti yang diketahui, Rusia melakukan invasi militer kepada Ukraina sejak Kamis (24/2/2022) lalu, dan mendapatkan berbagai jenis sanksi dari banyak negara serta badan-badan internasional.

F1 sendiri telah membatalkan Grand Prix Rusia di Sirkuit Sochi, yang semestinya digelar pada 23-25 September nanti. Selain itu, Haas F1 Team juga telah mencopot logo sponsor mereka yang berasal dari Rusia, Uralkali, dari seluruh perlengkapan tim sejak hari kedua tes pramusim di Barcelona-Catalunya, Spanyol, Jumat (25/2/2022).

1 dari 2 halaman

Boleh Berkompetisi, Asal Netral

Meski begitu, FIA merasa tak perlu melarang pembalap Rusia berkompetisi di ajang-ajang balap mobil dunia yang mereka bawahi, termasuk F1. Sebagai catatan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah melarang atlet Rusia dan Belarusia untuk berlaga di ajang internasional sejak Senin (28/2/2022).

Tak hanya IOC, FIFA dan UEFA juga melarang keikutsertaan klub dan tim nasional sepak bola Rusia dari berbagai kompetisi. World Athletics juga mengambil langkah serupa, melarang partisipasi atlet Rusia dari cabang olahraga ski, voli, dayung, dan bulu tangkis.

Meski begitu, mengingat FIA tak menghalangi partisipasi pembalap mobil asal Rusia, maka Mazepin dan pembalap Rusia lainnya seperti Daniil Kvyat, bisa berlaga di level internasional, namun dengan syarat tampil 'hanya dengan kapasitas netral mereka dan di bawah bendera FIA'. Demikian yang dilansir oleh Crash.net.

2 dari 2 halaman

Masa Depan Mazepin Tetap Tak Menentu

Pembalap Haas F1 Team, Nikita Mazepin (c) AP PhotoPembalap Haas F1 Team, Nikita Mazepin (c) AP Photo

Meski begitu, masa depan Mazepin di F1 juga tetap terombang-ambing mengingat logo Uralkali yang dicopot oleh Haas F1 Team. Seperti yang diketahui, ayah Mazepin, Dmitry Mazepin, merupakan salah satu pemilik Uralkali dan memiliki ikatan erat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Hingga kini, Haas F1 Team belum mau berkomentar soal situasi skuad mereka.

Usai rapat WMSC digelar, Presiden FIA, Mohammed Ben Sulayem pun menyatakan, "Seperti yang Anda tahu, FIA mengamati perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan syok. Saya mengharapkan adanya resolusi yang cepat dan damai untuk mengatasi situasi ini. Kami mengutuk invasi Rusia pada Ukraina, dan perhatian kami tertuju pada orang-orang yang terdampak," ungkapnya.

Dalam pengumumannya, FIA juga mengonfirmasi bahwa simbol nasional, warna, bendera Rusia dan Belarusia dilarang untuk ditunjukkan. Lagu kebangsaan kedua negara juga dilarang dimainkan dalam kompetisi sampai pemberitahuan yang berikutnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR