BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fernando Alonso Resmi Kembali ke Formula 1 2021 Bareng Renault

09-07-2020 08:22 | Anindhya Danartikanya

Fernando Alonso (c) AFP Fernando Alonso (c) AFP

Bola.net - Fernando Alonso resmi akan kembali berkompetisi di Formula 1 tahun depan, usai mencapai kesepakatan dengan Renault F1 Team, skuad yang sukses membawanya merebut gelar dunia pada 2005 dan 2006. Demikian yang menurut rilis resmi tim, Rabu (8/7/2020).

Kabar kembalinya Alonso ke Renault sejatinya telah menyeruak beberapa bulan lalu, usai Daniel Ricciardo dipastikan akan pindah ke McLaren F1 Team. Namun, kala itu kabar yang beredar masih simpang siur, karena Sebastian Vettel juga menjadi kandidat.

Meski begitu, gosip Alonso kembali merapat ke Renault akhirnya benar-benar dikonfirmasi. Kesepakatan ini sekaligus mengartikan pebalap Spanyol itu akan kembali ke F1 usai memutuskan mundur pada akhir 2018, demi mengikuti kejuaraan-kejuaraan balap mobil lain.

1 dari 3 halaman

Ketiga Kali Bela Renault di F1

Dengan begitu, Alonso akan terhitung tiga kali membela Renault, yakni setelah bernaung di bawah bendera pabrikan asal Prancis tersebut pada 2002-2006 dan 2008-2009. Terakhir membalap di F1, Alonso pun membela McLaren Racing.

Alonso juga masih merupakan salah satu pebalap F1 paling berpengalaman dan sukses. Selain meraih dua gelar dunia, ia juga meraih 97 podium, yang 32 di antaranya merupakan kemenangan.

Berikut pernyataan resmi Fernando Alonso.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Fernando Alonso

"Renault adalah keluarga saya, kenangan yang paling berkesan di Formula 1 adalah dua gelar dunia saya, tapi kini saya memandang ke depan. Rasanya sangat membanggakan sekaligus emosional bisa kembali ke tim yang memberi saya kesempatan memulai karier saya, dan yang kini memberi saya kesempatan kembali ke level tertinggi.

"Saya memiliki prinsip dan ambisi yang sejalan dengan proyek tim ini. Progres mereka pada musim dingin lalu memberi kredibilitas pada target pada musim 2022 dan saya akan berbagi semua pengalaman balap saya dengan semua orang, dari para insinyur sampai mekanik, serta tandem saya. Tim ingin punya kemauan untuk kembali ke podium, seperti saya."

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR