BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fans F1 Tuduh Tom Holland Picu Masalah Pit Stop Valtteri Bottas di Monako

25-05-2021 10:02 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas (c) AP Photo

Bola.net - Hal cukup lucu terjadi di kalangan komunitas penggemar Formula 1. Aktor Hollywood yang dikenal memerankan tokoh pahlawan super Spider-Man, Tom Holland, dituduh menjadi biang keladi masalah pit stop yang dialami pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, di F1 GP Monako, Minggu (23/5/2021).

Seperti yang diketahui, Bottas naik ke posisi kedua pada awal balapan usai pembalap Scuderia Ferrari sekaligus tuan rumah, Charles Leclerc, tak ikut start balapan akibat masalah teknis pada mobilnya. Bottas pun jadi ancaman utama Max Verstappen dalam berebut kemenangan yang paling prestisius dalam kalender F1 ini.

Sayang, harapan Bottas meraih kemenangan perdana musim ini sirna begitu saja pada akhir Lap 30. Pasalnya, pit stopnya mengalami kendala. Kru mereka tak bisa melepas ban depan kanan akibat masalah sekrup. Setelah berkali-kali gagal mencoba, Mercedes tak punya opsi selain meminta Bottas berhenti balapan.

1 dari 3 halaman

Mercedes Merasa Valtteri Bottas 'Terkutuk'

"Jujur, saya tak tahu apa yang terjadi saat pit stop. Saya tak tahu apakah itu kesalahan manusia atau masalah teknis. Tapi kami harus belajar dari ini semua. Ini adalah kesalahan kami dan tak boleh terjadi," ujar Bottas kepada Crash.net usai balap, harus rela melihat Verstappen menang, diikuti Carlos Sainz jr dan Lando Norris.

Team Principal Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, naik pitam dan menyebut Bottas seolah-olah 'terkutuk'. "Kami harus lihat apakah ini masalah desain atau ada kegagalan sistem. Saya tak pernah melihat hal semacam ini. Bannya masih ada di mobil, Ferrari membantu kami dengan peralatan berat. Ini bikin Valtteri frustrasi, karena tampaknya ia terkutuk," ujarnya.

Pada Senin (24/5/2021), Direktur Teknis Mercedes, James Allison, bahkan mengonfirmasi bahwa ban Bottas masih juga belum bisa dilepas dari mobilnya. Ia pun menyatakan bahwa untuk melepasnya, mobil pembalap Finlandia itu harus dikirim ke markas tim yang ada di Brackley, Inggris, untuk ditangani para ahli peralatan berat.

2 dari 3 halaman

Tuduhan Kocak Kepada Tom Holland

Uniknya, permasalahan Bottas yang tak biasa ini menjadi viral di media sosial gara-gara Tom Holland. Akun Twitter fans F1, Battery Voltas (@BatteryVoltas) mengunggah sebuah video Holland mengangkat salah satu ban Pirelli dan kemudian menjatuhkannya ke lantai.

Bersama dua kawannya, Holland memang jadi tamu kehormatan Red Bull Racing Honda di Monako, dan dijadwalkan bertemu Max Verstappen dan Sergio Perez selama pekan balap. "Inilah yang menyebabkan kegagalan ban Bottas. @TomHolland1996 terbukti bersalah," ujar Battery Voltas.

Twit ini pun menjadi viral, dan beberapa penggemar F1 lainnya pun jadi menuduh Holland sebagai biang keladi kesialan Bottas, walau tak diketahui dengan pasti apakah ban yang dipakai Bottas itu memang merupakan ban yang dijatuhkan oleh Holland.

Uniknya, Holland juga pernah menjadi tamu kehormatan Petronas Sprinta Racing Moto3 dan Moto2 di Sirkuit Silverstone dalam MotoGP Inggris 2018. Kehebohan pun terjadi akhir pekan itu, karena seluruh balapan mendadak harus dibatalkan akibat hujan yang mengguyur terlalu deras...

Sumber: Crashnet, Twitter/BatteryVoltas

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR