Fadillah Arbi Aditama, Wakil Tunggal Indonesia di JuniorGP dan Rookies Cup 2022

Anindhya Danartikanya | 27 April 2022, 15:25
Fadillah Arbi Aditama (c) Red Bull/Red Bull Content Pool
Fadillah Arbi Aditama (c) Red Bull/Red Bull Content Pool

Bola.net - Sebentar lagi ajang JuniorGP akan dimulai di Sirkuit Estoril, Portugal, pada 6-8 Mei 2022. Indonesia pun akan menurunkan satu pembalap, yakni Fadillah Arbi Aditama. Uniknya, ia juga merupakan satu-satunya wakil Indonesia di Red Bull Rookies Cup 2022.

Dalam ajang JuniorGP, rider yang akrab disapa 'Arbi' ini akan membela Astra Honda Racing Team. Skuad ini dulunya juga pernah dibela oleh rider Indonesia lain, seperti Dimas Ekky Pratama, Andi 'Gilang' Farid Izdihar, dan Mario Aji.

Arbi lahir di Purworejo pada 3 Juli 2005 dan menekuni balap motor sejak usia belia. Ia mengaku jatuh cinta pada balap motor karena sang ayah, Robby Yudha Kurniawan. Ia juga menyatakan bahwa dirinya mendapatkan dukungan penuh dari keluarganya, terutama sang ibu.

1 dari 4 halaman

Inspirasi dari Keluarga dan Marc Marquez

Fadillah Arbi Aditama (c) Red Bull/Red Bull Content Pool

Fadillah Arbi Aditama (c) Red Bull/Red Bull Content Pool

"Saya cinta balapan karena ayah saya juga suka balapan. Ayah saya merupakan juara nasional drag race di negara saya, dan juga balapan di ajang nasional road racing," ungkap Arbi lewat situs resmi Red Bull.

"Sudah jelas kedua orang tua saya terlibat dalam karier balap saya. Ibu selalu menyemangati saya dalam setiap balapan yang saya jalani. Ayah juga selalu memberi saya masukan penting agar jadi rider terbaik, tercepat, dan terkuat," lanjutnya.

Dalam ajang JuniorGP, Arbi akan menggunakan nomor #34, sementara di Rookies Cup ia pakai nomor #93 karena ngefans berat pada Marc Marquez. "Pahlawan balap saya adalah Marc, dan saya ingin meraih gelar juara di setiap kelas yang saya tekuni seperti dia," tuturnya.

2 dari 4 halaman

Jadi Murid Astra Honda Motor

Fadillah Arbi Aditama (c) JuniorTalentCup.comFadillah Arbi Aditama (c) JuniorTalentCup.com

Menjadi pembalap profesional sejak 2017, Arbi merupakan salah satu rider asuhan dari PT Astra Honda Motor (AHM). Ia pun belajar di Astra Honda Racing School dengan motor 150cc dan 250cc.

Bicara soal ajang nasional, ia pernah turun di ajang Honda Dream Cup, Motoprix Indonesia, dan Indonesia One Prix. Ia bahkan sempat meraih beberapa podium di kompetisi-kompetisi ini.

Arbi kemudian memulai karier internasionalnya di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 2021. Ia seharusnya menjalani debut pada 2020, namun IATC kala itu dibatalkan karena pandemi Covid-19.

3 dari 4 halaman

Dipromosikan ke Rookies Cup dan Junior GP

Meski berstatus debutan dan tak pernah naik podium, Arbi menunjukkan penampilan yang konsisten di IATC. Hal ini membuat Arbi mendapat dukungan Dorna Sports selaku promotor MotoGP dan IATC untuk dipromosikan ke Rookies Cup 2022.

Ajang one make race yang seluruh motornya dipasok oleh KTM ini pun sudah dimulai berbarengan dengan MotoGP Portugal di Sirkuit Portimao pada 22-24 April 2022. Arbi finis ke-12 dan 18 pada kedua balapan yang digelar sepanjang akhir pekan.

Dalam ajang JuniorGP di Sirkuit Estoril nanti, Arbi akan bersaing dengan banyak rider dari berbagai negara, termasuk David Alonso, David Salvador, dan Syarifuddin Azman, yang musim ini dapat fasilitas wildcard di Moto3 Grand Prix.

4 dari 4 halaman

Kiprah Fadillah Arbi Aditama di Balap Motor

2017 - Astra Honda Racing School 150cc

2017 - Honda Dream Cup, Astra Honda Racing School 150cc

2017 - Motoprix Indonesia

2018 - Honda Dream Cup, Astra Honda Racing School 250cc

2019 - Indonesian One Prix, Honda Dream Cup, Astra Honda Racing School

2020 - Indonesian One Prix

2021 - Asia Talent Cup

2022 - Red Bull Rookies Cup, JuniorGP

Sumber: Astra Honda Motor, Red Bull

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR