BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fabio Quartararo Yakin Miguel Oliveira Kandidat Juara Dunia MotoGP 2021

14-06-2021 13:56 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira (c) AP Photo Fabio Quartararo dan Miguel Oliveira (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, sangat yakin bahwa rider Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira, akan tampil lebih konsisten di papan atas pada sisa musim MotoGP 2021. Lewat Motorsport Total, Sabtu (12/6/2021), juga memprediksi bahwa rider Portugal itu akan jadi salah satu kandidat juara dunia terkuat.

Usai merebut delapan podium termasuk tiga kemenangan sepanjang 2020, KTM memang tak mengawali musim ingin dengan performa mentereng. Baik Oliveira, Brad Binder, Danilo Petrucci, maupun Iker Lecuona sama-sama loyo pada lima seri perdana. Namun, secercah harapan muncul saat KTM menghadirkan sasis baru di Seri Mugello, Italia.

Sasis baru itu tersedia untuk Oliveira dan Binder, dan keduanya langsung tampil kompetitif sepanjang akhir pekan. Oliveira pun berhasil finis ketiga dan kembali menapakkan kaki di tangga podium, sementara Binder berhasil finis kelima. Hasil ini pun bagai titik balik usai keduanya harus susah payah masuk delapan besar.

1 dari 3 halaman

Miguel Oliveira Salah Satu Rider Tercepat

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo) Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Setibanya di Seri Catalunya, Spanyol, Oliveira pun kian menggila. Sepanjang pekan balap, ia mengacaukan posisi tiga besar. Dalam balapan, ia bahkan secara mengejutkan sukses meraih kemenangan, ketika Yamaha dan Ducati tadinya diprediksi bakal berkuasa di trek tersebut.

Melihat hal ini, Quartararo pun yakin KTM kini punya motivasi tinggi menghadapi sisa musim, baik dari sisi teknis maupun moral. Performa motor RC16 yang kembali garang, ditambah skil mumpuni dari Oliveira, KTM pun diyakini Quartararo bakal lebih mengancam di 12 seri tersisa.

"Saya yakin KTM kini akan lebih konsisten bertarung di depan, karena tahun lalu mereka juga sudah terbukti sangat cepat. Bagi saya, Miguel juga merupakan salah satu pembalap paling cepat di paddock ini. Jadi, saya rasa mereka memang kompetitif," ujar pembalap Prancis berusia 22 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Poin Unggul Jauh, Ogah Jemawa

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Quartararo menyatakan, siapa pun pabrikan dan pembalap yang berhasil tampil kuat di Mugello dan Catalunya, sudah pasti layak diwaspadai. Ia juga menolak lengah meski saat ini tengah memimpin klasemen dengan 115 poin, unggul 61 poin dari Oliveira yang ada di peringkat ketujuh.

"Jika Anda bisa melaju cepat di Mugello dan Barcelona, maka berarti Anda memang cepat. Miguel tak mengawali musim ingin dengan cara terbaik, hingga saya beruntung bisa punya keunggulan poin. Namun, saya yakin ia akan memperebutkan gelar dunia," tutup Quartararo.

Quartararo dan Oliveira pun akan kembali berjumpa di lintasan dalam MotoGP Jerman yang bakal digelar di Sirkuit Sachsenring pada 18-20 Juni mendatang.

Sumber: Motorsport Total

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR