BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fabio Quartararo Tak Cocok di Sachsenring, Maverick Vinales Bidik Podium

17-06-2021 08:20 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo dan Maverick Vinales (c) Yamaha
Fabio Quartararo dan Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Duet pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, sama-sama mengusung motivasi tinggi menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 18-20 Juni nanti. Quartararo ingin mematahkan hasil buruknya di trek ini, sementara Vinales ingin mengulang hasil podiumnya pada 2018 dan 2019.

Sejauh ini, Quartararo memang pembalap dengan performa paling konsisten. Ia telah mengoleksi empat podium, termasuk tiga kemenangan. Usai sekadar finis keenam di Seri Catalunya akibat dua kali dijatuhi hukuman mundur tiga detik menyusul insiden di Tikungan 1-2 dan terbukanya baju balap pada lap-lap penutup.

Jika mengingat peristiwa itu, Quartararo tentu ingin balas dendam lewat hasil baik. Tak hanya itu, El Diablo juga pastinya ingin memperbaiki catatannya di Sachsenring. Trek ini absen dari kalender balap 2020 akibat pandemi Covid-19, sementara pada 2019, yakni pada musim debutnya, Quartararo gagal finis di trek ini.

1 dari 3 halaman

Dapat Setup Ideal dari Uji Coba Catalunya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Quartararo pun percaya diri bisa tampil lebih baik akhir pekan nanti, terutama setelah ia sukses membubuhkan waktu tercepat kedua dalam uji coba pascabalap di Catalunya. "Berkat kerja keras yang kami lakukan dalam uji coba Catalunya, kami mampu mempersiapkan setup untuk Sachsenring, di mana kami cukup percaya diri," ujarnya.

"Ini bukan trek terbaik saya, namun saya ingin segera berkendara di sana. Kami punya ritme baik sepanjang musim sejauh ini, jadi saya senang dan saya berharap bisa dapat hasil baik akhir pekan nanti," lanjut pembalap Prancis berusia 22 tahun ini lewat rilis resmi tim pada Rabu (16/6/2021).

Hal senada pun dinyatakan oleh sang tandem, Vinales, yang mencatatkan waktu tercepat dalam uji coba. Berkebalikan dengan Quartararo, rider Spanyol ini punya catatan cukup baik di Sachsenring. Ia berhasil finis ketiga pada 2018, dan finis kedua pada 2019. Alhasil, ia pun ingin kembali membidik podium akhir pekan nanti.

2 dari 3 halaman

Sempit, Berbeda dari Trek Lainnya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

"Kami mengalami kemajuan dalam uji coba Catalunya, jadi sedikit demi sedikit kami makin baik. Saya tak sabar melihat apakah perubahan yang kami alami dalam uji coba bisa membantu di Sachsenring," ungkap Vinales, yang baru saja berganti crew chief dari Esteban Garcia ke Silvano Galbusera, yang juga eks crew chief Valentino Rossi.

"Ini trek yang cukup sempit dan berbeda dari trek lainnya, namun saya pernah meraih hasil baik di sini. Dalam dua balapan terakhir di Sachsenring, yakni pada 2018 dan 2019, saya finis ketiga dan kedua, jadi saya harap tahun ini kami juga bisa tampil baik," pungkas juara dunia Moto3 2013 ini.

Menjelang MotoGP Jerman, Quartararo dan Vinales duduk di peringkat pertama dan keenam pada klasemen pembalap, masing-masing dengan koleksi 115 dan 75 poin.

Sumber: Monster Energy Yamaha

3 dari 3 halaman

Video: Momen-Momen Menarik di MotoGP Catalunya 2021

KOMENTAR