BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fabio Quartararo-Pecco Bagnaia Tak Sabar Jajal Mandalika, Nantikan Aksi WorldSBK

22-10-2021 11:11 | Anindhya Danartikanya

Pecco Bagnaia, Fabio Quartararo, dan Marc Marquez (c) Ducati Corse
Pecco Bagnaia, Fabio Quartararo, dan Marc Marquez (c) Ducati Corse

Bola.net - Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia mengaku sudah tak sabar ingin menjajal Sirkuit Mandalika yang bakal menggelar MotoGP Indonesia pada 20-22 Maret 2022 mendatang. Meski begitu, keduanya sama-sama yakin bahwa keberangkatan mereka akan sangat ditentukan oleh situasi pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Seperti yang diketahui, Mandalika resmi masuk ke kalender balap MotoGP 2022, dan bakal menggelar uji coba pramusim pada 11-13 Februari. Mandalika dan KymiRing yang ada di Finlandia, menjadi dua sirkuit baru di kalender itu. Total, ada 21 balapan sepanjang musim, dan ini adalah jumlah terbanyak dalam sejarah MotoGP.

Quartararo pun senang, karena ia tak mau menjalani dua balapan di trek yang sama seperti pada 2020 dan 2021. "Kalender musim depan bakal bagus. Saya suka pergi ke tempat-tempat berbeda. Rasanya aneh harus datang dua kali ke trek yang sama, walau dalam situasi Covid-19 ini memang sulit pergi ke luar Eropa," tuturnya.

1 dari 3 halaman

Nantikan WorldSBK Indonesia di Mandalika

Pecco Bagnaia dan Fabio Quartararo (c) AP Photo
Pecco Bagnaia dan Fabio Quartararo (c) AP Photo

"Musim depan bakal menyenangkan, karena ini berarti selangkah mendekati kondisi normal. Saya tak sabar untuk menjajal trek baru di Indonesia, yang tampaknya cukup cepat dan menyenangkan. Saya harap kalender musim depan tak berubah-ubah lagi," ungkap El Diablo dalam jumpa pers di Misano, Italia, Kamis (21/10/2021).

Bagnaia juga mengaku senang bakal menjalani 21 balapan tahun depan, namun ia yakin perjalanan mereka ke negara-negara non-Eropa akan sangat ditentukan kondisi Covid-19. Namun, rider Italia ini sudah tak sabar menanti aksi di Mandalika, yang akan lebih dulu menjamu WorldSBK pada 19-21 November 2021 mendatang.

"Bakal menyenangkan. Namun, kita masih harus melihat apakah kami bisa mengunjungi negara-negara seperti Malaysia, Jepang, Australia, atau Indonesia. Kami sudah menunggu WorldSBK yang sebentar lagi akan balapan di sana. Saya tentu ingin pergi ke sana, namun sangat sulit bepergian dalam situasi macam ini," ujar 'Pecco'.

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Tak Sepakat 21 Balapan per Musim

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, diketahui sudah berkali-kali mengunjungi Indonesia sebelum Covid-19 menyeruak di mana-mana. Alhasil, ia sudah tak sabar mengunjungi Mandalika. Namun, ia mengeluhkan jumlah balapan yang ia nilai mulai terlalu banyak, hingga pembalap dan anggota tim jadi punya sedikit waktu rehat.

Delapan kali juara dunia ini mengaku masih bisa menoleransi setidaknya 22 balapan per musim. Namun, ia juga menyatakan, jika Dorna Sports ingin menambah jumlah balapan di negara berbeda, maka jumlah balapan di negara lain juga harus dikurangi. Sebagai catatan, Spanyol kini punya empat seri dan Italia punya dua.

"Kami memang ingin pergi ke banyak tempat di dunia, namun 21 balapan mulai jadi jumlah yang terlalu besar. Jadi, jika ingin pergi ke lebih banyak negara, maka kami harus mengurangi jumlah balapan di negara-negara tertentu. Pasalnya, dengan jumlah 20-22 balapan, sudah cukup banyak dalam setahun," tutup Marquez.

3 dari 3 halaman

Kalender Balap MotoGP 2022

Uji coba pramusim MotoGP 2022:

  • 31 Januari-2 Februari: Sepang, Malaysia (shakedown)
  • 5-6 Februari: Sepang, Malaysia
  • 11-13 Februari: Mandalika, Indonesia

Uji coba pramusim Moto2 dan Moto3 2022:

  • 22-24 Februari: Jerez, Spanyol

Kalender balap MotoGP, Moto2, dan Moto3 2022:

  1. 6 Maret: Qatar - Losail (balapan malam hari)
  2. 20 Maret: Indonesia - Mandalika (subyek homologasi)
  3. 3 April: Argentina - Termas de Rio Hondo
  4. 10 April: Amerika Serikat - Circuit of The Americas
  5. 24 April: Portugal - Portimao
  6. 1 Mei: Spanyol - Jerez
  7. 15 Mei: Prancis - Le Mans
  8. 29 Mei: Italia - Mugello
  9. 5 Juni: Catalunya - Barcelona-Catalunya
  10. 19 Juni: Jerman - Sachsenring
  11. 26 Juni: Belanda - Assen
  12. 10 Juli: Finlandia - KymiRing (subyek homologasi)
  13. 7 Agustus: Inggris - Silverstone
  14. 21 Agustus: Austria - Red Bull Ring
  15. 4 September: San Marino - Misano
  16. 18 September: Aragon - MotorLand Aragon
  17. 25 September: Jepang - Motegi
  18. 2 Oktober: Thailand - Buriram
  19. 16 Oktober: Australia - Phillip Island
  20. 23 Oktober: Malaysia - Sepang
  21. 6 November: Valencia - Ricardo Tormo

Sumber: MotoGP

KOMENTAR