Fabio Quartararo: Motor Yamaha 2020 Tak Semudah Tahun Lalu

Anindhya Danartikanya | 27 Februari 2020, 11:40
Fabio Quartararo: Motor Yamaha 2020 Tak Semudah Tahun Lalu
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, memang dipastikan mendapatkan motor YZR-M1 2020 spek pabrikan di MotoGP musim ini, namun tak berarti proses adaptasinya dengan motor tersebut mulus-mulus saja. Hal ini ia sampaikan kepada Motorsport.com.

Menyapu bersih puncak daftar catatan waktu di uji coba Sepang, Malaysia, 7-9 Februari, El Diablo mencetak waktu tercepat ketiga dalam uji coba Losail, Qatar, pada 22-24 Februari lalu. Selain cepat dalam lap tunggal, ia juga punya ritme menjanjikan tiap kali menjalani simulasi balap.

"Saya sangat puas atas ritme saya. Target kami memang menemukan ritme yang baik dan kami mewujudkannya. Kami akan terus bekerja dengan cara ini, karena kami harus tetap ada di depan di banyak balapan. Saya belum maksimal menjalani time attack, jadi saya masih punya tugas," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Butuh Lebih Banyak Waktu

Usai menjalani dua uji coba, Quartararo percaya pada potensi motor M1 2020, namun tak menutupi fakta bahwa adaptasinya kali ini tidaklah mudah, dan hal ini bahkan sudah ia katakan sejak pertama kali menjajal motor itu pada hari kedua uji coba Sepang, Sabtu (8/2/2020).

M1 2020 memang diketahui mengalami perubahan yang cukup signifikan dibanding versi pendahulunya, mengingat adanya penambahan tenaga pada mesinnya demi lebih bersaing dengan Ducati dan Honda yang sangat andal di trek lurus. Quartararo pun harus menyesuaikan diri.

"Jujur saja agak sulit. Lebih mudah adaptasi dengan motor tahun lalu. Ada perubahan, dan mengendarainya jadi lebih sulit. Tahun lalu, meski motor kami bukan yang terbaik, kami bisa memperbaikinya. Kini kami butuh lebih banyak waktu, tapi kami tahu kami bisa cepat. Saat semua sudah 100%, saya yakin situasinya bakal lebih baik," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Motor Pabrikan, Target Lebih Besar

Tahun lalu, Quartararo menggunakan YZR-M1 'Spek A', yang mana mesinnya merupakan mesin versi 2019 namun perangkat lainnya berasal dari tahun 2018. Dengan motor 'ala kadarnya', ia berhasil meriah tujuh podium.

Kini, dengan YZR-M1 2020 spek pabrikan yang sama persis dengan motor milik Maverick Vinales dan Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha, rider Prancis yang masih berusia 20 tahun ini pun punya target lebih besar.

"Target kami adalah menang. Ritme kami sangat baik, tapi kami masih harus membandingkan diri dengan para rival. Saya hanya berharap bisa balapan sesegera mungkin," pungkas Quartararo.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR