BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fabio Quartararo Minta Maaf Plastik Helmnya Bikin Jack Miller Gagal Finis

22-09-2020 11:15 | Anindhya Danartikanya

Fabio Quartararo dan Jack Miller (c) SRT Fabio Quartararo dan Jack Miller (c) SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, meminta maaf kepada sang sahabat yang juga rider Pramac Racing, Jack Miller, karena telah membuatnya gagal finis di MotoGP Misano, Emilia Romagna, Minggu (20/9/2020).

Miller yang start kedua, mampu memimpin balapan di tikungan pertama, sebelum disalip oleh Maverick Vinales di Tikungan 4. Ia pun mempertahankan posisi tersebut, namun pada lap-lap berikutnya, rider Australia ini terjun bebas ke posisi terbuncit dan akhirnya masuk pit pada Lap 8.

Saat masuk ke garasi, Miller terlihat frustrasi dan berseru kepada para mekaniknya dan sang crew chief, Christian Pupulin, di pit lane. "Motorku kehilangan tenaga sejak Lap 2!" ujar rider asal Australia ini sembari menuju tempat duduknya dengan kesal.

1 dari 3 halaman

Ketahuan Setelah Investigasi

Pembalap Pramac Racing, Jack Miller (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Jack Miller (c) Pramac Racing

Setelah dicari penyebabnya, ternyata terdapat plastik pelindung visor milik sang sahabat, Fabio Quartararo, terjebak di filter udara motor Desmosedici GP20 milik Miller. Uniknya, peristiwa ini tertangkap kamera Dorna Sports.

Benar saja, peristiwa ini memang terjadi pada Lap 2 sesuai penjelasan Thriller Miller. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Pramac Racing usai balap, dan juga oleh Miller sendiri lewat Instagram dengan mengunggah foto plastik pelindung visor helm Quartararo.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Unsur Kesengajaan

Permintaan maaf Fabio Quartararo kepada Jack Miller. (c) Instagram/FabioQuartararo20 Permintaan maaf Fabio Quartararo kepada Jack Miller. (c) Instagram/FabioQuartararo20

"@fabioquartararo20 aku menemukan sesuatu yang ternyata milikmu. Sayangnya pada Lap 2 motorku menyedot plastik pelindung visor helm, yang akhirnya menutupi filter udara. Kadang balapan bisa jadi permainan yang kejam. Terima kasih kepada timku yang selalu bekerja keras," tulis Miller.

Pada Senin (21/9/2020), Quartararo pun akhirnya membalas Instagram Story sahabatnya tersebut. "Aku minta maaf. Tapi bisa kau bayangkan bahwa aku tidak sengaja," tulis rider Prancis berusia 21 tahun ini.

Masalah yang ditimbulkan plastik visor helm ini bukan pertama kalinya terjadi di MotoGP. Pada 2018, Tito Rabat pernah mengalami hal serupa, dan Francesco Bagnaia juga percaya dirinya gagal finis pada Minggu (20/9/2020) usai bannya melindas plastik serupa. Pada 2016, aksi melepas plastik helm juga telah dilarang oleh Formula 1.

Sumber: Instagram

3 dari 3 halaman

Video: Andrea Dovizioso Menangi MotoGP Austria yang Tak Terlupakan

KOMENTAR