BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fabio Quartararo Dihukum Pengurangan Waktu FP1 di MotoGP Jerez

15-07-2020 22:02 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Fabio Quartararo resmi dijatuhi hukuman berupa pengurangan waktu sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Jerez, Spanyol, pada Jumat (17/7/2020). Ia dinyatakan melanggar regulasi FIM saat mengendarai motor superbike YZF-R1 di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, bulan lalu.

Menurut pernyataan FIM yang dirilis Rabu (15/7/2020), hanya beberapa menit sebelum sesi kedua uji coba tambahan MotoGP berakhir, Quartararo dan Sergio Garcia (Estrella Galicia 0,0 Moto3) tak boleh turun lintasan selama 20 menit pertama pada FP1 nanti. Quartararo diketahui telah mengajukan banding.

Hukuman ini dijatuhkan usai pada 2 Juni lalu FIM mengaku akan melakukan investigasi dugaan pelanggaran aturan latihan oleh dua rider dari MotoGP, Moto2, atau Moto3. FIM tak merilis nama yang dicurigai, namun ternyata mereka adalah Quartararo dan Garcia.

1 dari 3 halaman

Pakai Rem Karbon dan Elektronik Balap

View this post on Instagram

A post shared by Fabio Quartararo 🇫🇷 (@fabioquartararo20) on

Menjelang musim baru, memang banyak rider yang berlatih di atas motor superbike dengan spek standar jalanan. Namun, FIM menduga dua rider berlatih dengan motor yang terlalu mirip dengan motor spek balap.

Quartararo jadi sorotan usai mengendarai R1 yang disediakan TechSolutions di Sirkuit Paul Ricard. R1 itu menyalahi aturan karena kabarnya menggunakan rem karbon dan sistem elektronik yang digunakan dalam kejuaraan nasional superbike Prancis.

Para rider Yamaha MotoGP lainnya, yakni Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli diketahui juga berlatih dengan motor yang sama di Jerez, Misano, dan Mugello. Namun, mereka lolos hukuman karena tak menggunakan R1 spek balap.

2 dari 3 halaman

Garis Besar Aturan FIM

Regulasi FIM menjelaskan, pebalap boleh berlatih dengan motor superbike 1000cc di trek aspal, selama motor itu memakai spek standar jalanan. Untuk alasan keselamatan, modifikasi boleh dilakukan, yakni pada rem (rem karbon dilarang), shock absorber, knalpot, dan ergonomi.

Ban yang digunakan pun harus merupakan ban spek jalanan, dan penggunaan ban MotoGP dilarang keras. Meski begitu, perubahan-perubahan ini tetap harus disetujui oleh Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge, sebelum motor tersebut dipakai berlatih.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR