BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Fabio Quartararo Beber Alasan Absen dari Uji Coba MotoGP Portimao

09-10-2020 09:13 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) AP Photo Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjadi salah satu dari tiga rider MotoGP yang absen dari uji coba di Sirkuit Portimao, Portugal, pada Rabu (7/10/2020) lalu. Dalam jumpa pers MotoGP Prancis di Le Mans, Kamis (8/10/2020), ia pun membeberkan alasannya.

Uji coba ini sejatinya hanya ditujukan sebagai familiarisasi bagi para rider, karena Portimao belum pernah menggelar MotoGP. Hanya segelintir rider yang pernah balapan di sana, beberapa lainnya pernah berkunjung untuk sekadar latihan, dan sisanya bahkan tak pernah ke Portimao sama sekali.

Dalam uji coba ini, seluruh test rider diperbolehkan memakai motor MotoGP untuk memberikan data penting kepada Michelin sebagai suplier ban tunggal. Sementara itu, para pembalap reguler hanya diperbolehkan mengendarai motor superbike, superstock, atau versi jalanan dari motor MotoGP mereka.

1 dari 3 halaman

Demi Hindari Cedera

Sirkuit Portimao, Portugal (c) WorldSBK Sirkuit Portimao, Portugal (c) WorldSBK

Quartararo, Iker Lecuona, dan Cal Crutchlow merupakan tiga rider yang absen dari uji coba ini. Belum diketahui apa alasan yang membuat Lecuona absen, namun Crutchlow sendiri tengah dalam pemulihan cedera tangan dan engkel, dan sudah 'kenal' Portimao saat ia masih turun di WorldSSP dan WorldSBK.

Quartararo menyatakan ia pilih absen demi menghindari cedera, karena baginya kebugaran fisik sangatlah krusial untuk memperebutkan gelar 2020. Alasan ini bisa dimaklumi karena sejak Maret, El Diablo juga tak pernah berlatih motor apa pun, kecuali usai MotoGP Catalunya, saat ia latihan motocross sehari bareng Jack Miller.

"Pertama, saya menghindari berbagai jenis cedera, karena agak berisiko berkendara hanya dua hari sebelum tiga balapan beruntun. Toh saya sudah pernah ke sana enam tahun lalu. Sesi FP1 dan FP2 di sana nanti juga bakal lebih panjang. Lagi pula, para rider pakai motor berbeda. Jadi itulah alasan saya tak pergi ke Portimao," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Heran Jorge Lorenzo Cuma Pakai M1 2019

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) Yamaha

Quartararo juga mengomentari keputusan Yamaha yang hanya menyediakan YZR-M1 versi 2019 untuk sang test rider, Jorge Lorenzo, di uji coba Portimao. Padahal, seluruh pembalap Yamaha sudah menanti-nanti masukan Lorenzo soal M1 versi 2020. Nyatanya, hingga kini Yamaha masih urung menyerahkannya pada Por Fuera.

"Sudah jelas kami harus menggelar lebih banyak uji coba karena Jorge uji coba di Sepang dan Portimao, dan kami harus memperbaiki performa. Menurut saya, sangat penting mendapatkan detail sebaik mungkin, tapi saya tak tahu mengapa ia pakai motor 2019. Jadi, sangat tanya saya, tanya Yamaha saja," pungkas rider Prancis ini.

Menjelang seri kandangnya akhir pekan nanti, Quartararo tengah memimpin klasemen pembalap dengan koleksi 108 poin, unggul 8 poin dari rider Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang ada di peringkat kedua.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: MotoGP 2020 Takkan Mampir Negara Non-Eropa

KOMENTAR