BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Fabio Quartararo Bakal Dapat Motor Terbaik Yamaha di 2020'

18-09-2019 14:02 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Manajer pribadi Fabio Quartararo, Eric Mahe, merasa sangat optimistis soal masa depan kliennya di MotoGP 2020. Pria asal Prancis ini belum bisa memastikan spek YZR-M1 macam apa yang akan didapatkan El Diablo, namun Mahe memastikan ia akan mendapat paket motor terbaik. Hal ini ia sampaikan kepada Canal+.

Berstatus debutan, Quartararo mendapat M1 'Spek B', yakni hanya mesin dan sasisnya yang punya versi terbaru, sementara suspensi dan paket aerodinamikanya merupakan versi 2018. Selain itu, M1 ini memiliki 500 rpm lebih rendah, dan ia hanya memiliki jatah lima mesin per musim, sementara rider lain mendapat tujuh mesin.

Dengan M1 ala kadarnya, Quartararo justru kerap kali mengasapi tiga rider Yamaha lain yang mengendarai M1 2019 spek pabrikan. Sejauh ini, ia telah meraih empat podium dan tiga pole, bahkan nyaris meraih kemenangan di Misano akhir pekan lalu usai memimpin selama 24 lap, sebelum tersalip Marc Marquez di lap terakhir.

1 dari 2 halaman

Yamaha dan Petronas Masih Negosiasi

"Sebenarnya tak mudah menjelaskannya hal ini kepada khalayak umum. Tapi tanda tangan atau belum tanda tangan, motor pabrikan atau non-pabrikan, hal yang kami bicarakan bukan hanya itu," ujar Mahe seperti yang dilansir Paddock GP mengenai negosiasi antara Yamaha Motor Racing (YMR) dan Petronas Yamaha SRT.

Managing Director YMR, Lin Jarvis, sempat mengaku tak berniat menambah dukungan teknis untuk Quartararo musim depan, namun Petronas diketahui berniat menggelontorkan dana lebih besar agar Yamaha bersedia memberikan M1 terbaik kepada rider 20 tahun itu.

"Yang jelas, pertama, kita semua harus paham, bahwa sponsor bisa membeli motor itu untuk Fabio. Kedua, Anda harus paham apakah Yamaha siap untuk menyediakannya. Ketiga, kami harus memastikan bahwa kami mendapatkan apa yang sudah mereka janjikan!" ungkap Mahe, yang juga manajer pribadi Loris Baz ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Jamin Paket Motor Lebih Baik

Mahe menolak untuk membeberkan lebih jauh soal proses negosiasi antara YMR dan Petronas. Ia mengaku belum ada tanda tangan yang tergores pada kontrak mereka, namun ia berani jamin bahwa Quartararo akan mendapatkan pake M1 yang lebih baik dari musim ini.

"Belum ada yang ditandatangani. Tapi secara pribadi, saya bisa jamin Fabio akan dapat paket motor terbaik di Yamaha tahun depan. Saya tak mau bicara lebih detail karena saya belum tahu apakah Yamaha dan Petronas mau hal ini diketahui publik. Ada jadwal tersendiri untuk ini semua, tapi pengumuman ini bukan prioritas," pungkas Mahe.

Menjelang MotoGP Aragon, Spanyol, akhir pekan ini, Quartararo tengah berada di peringkat ketujuh pada klasemen pebalap dengan 112 poin. Dengan enam seri tersisa musim ini, secara matematis Quartararo masih berpeluang duduk di peringkat ketiga, mengingat ia hanya tertinggal 39 poin dari Danilo Petrucci.

Sumber: Canal+/Paddock GP

KOMENTAR