BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fabio di Giannantonio Tak Kecil Hati ke MotoGP Tanpa Gelar Dunia

17-01-2022 15:55 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini Racing
Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini Racing

Bola.net - Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio, tak merasa kecil hati naik ke MotoGP tanpa pernah merebut gelar baik di Moto3 maupun Moto2. Kepada Corsedimoto, Sabtu (15/1/2022), ia mengaku ogah ambil pusing karena yakin setiap pembalap pasti punya jalan dan cerita sendiri dalam mencapai sukses.

Sebelum naik ke MotoGP musim ini, 'Diggia' menghabiskan tiga tahun di Moto3 dan tiga tahun di Moto2. Prestasi terbaiknya di Moto3 adalah jadi runner up pada 2018 di belakang rekan setimnya, Jorge Martin, yang kini membela Pramac Racing. Sementara itu, prestasi terbaiknya di Moto2 adalah peringkat ketujuh musim lalu.

Selama berkarier di Grand Prix, rider Italia ini mengoleksi 22 podium, termasuk tiga kemenangan. Meski tak pernah mengecap gelar dunia, Giannantonio santai saja, karena baginya yang terpenting adalah tampil baik di kelas para raja. Toh dari lima debutan MotoGP 2022, juga hanya Remy Gardner yang pernah jadi juara.

1 dari 2 halaman

Kisah Pembalap Berbeda-beda

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini RacingPembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini Racing

"Saya merasa mengambil jalan yang tepat. Yang terpenting naik ke MotoGP dengan cara tertentu. Saya punya Ducati, dan saya yakin bisa langsung tampil baik. Ada para rider yang mencapai MotoGP dengan rute pendek dan panjang, tapi pada akhirnya ini kisah saya sendiri, dan saya merasa mengambil keputusan yang tepat," ujar Giannantonio.

Pembalap berusia 23 tahun ini juga mengaku punya rasa kepercayaan diri tinggi dan punya kemampuan mencari motivasi. Menurutnya, kedua hal ini sangat penting demi meraih hasil baik di kelas tertinggi. Ia juga mengaku bertekad memetik pelajaran sebanyak mungkin dalam tahun perdananya di MotoGP.

"Jika Anda tak percaya pada diri Anda sendiri, maka orang lain juga takkan percaya pada Anda. Anda harus paham betul tujuan Anda dan bekerja sangat keras. Saya pun yakin pada diri saya sendiri. Saya tahu bahwa saya bisa bekerja dengan baik, meski banyak yang harus saya pelajari," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Butuh Persiapan Berbeda dari Moto2

Pembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini RacingPembalap Gresini Racing, Fabio di Giannantonio (c) Gresini Racing

Giannantonio juga mengaku dirinya kini mulai menjalani latihan fisik dan latihan motor yang lebih intensif, apalagi jika mengingat tenaga mesin motor-motor MotoGP jauh lebih besar dibanding motor Moto2. Meski paham tengah menghadapi tantangan besar, ia tak mau menyerah.

"Saya membutuhkan persiapan yang sangat berbeda dari yang dibutuhkan di Moto2. Namun, saya jelas akan siap. Ini adalah tantangan yang baru dan seru, dengan tujuan memperbaiki diri di tiap balapan dan memulai musim dengan cara terbaik," pungkas Giannantonio.

Giannantonio akan menjalani uji coba shakedown khusus debutan dan test rider MotoGP di Sepang, Malaysia pada 31 Januari-2 Februari. Setelahnya, para senior akan bergabung dalam uji coba di trek yang sama pada 5-6 Februari, dilanjutkan dengan uji coba di Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR