BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Esponsorama Tolak Gaet Luca Marini di MotoGP, Ngotot Pertahankan Tito Rabat

18-09-2020 08:37 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Facebook/Sky Racing VR46
Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Facebook/Sky Racing VR46

Bola.net - Meski merupakan kandidat terkuat juara dunia Moto2 saat ini, langkah Luca Marini menuju MotoGP tampaknya harus terseok-seok. Pasalnya, Avintia Racing, atau yang kini lebih dikenal dengan Esponsorama Racing, menolak menggaetnya dan bertekad mempertahankan Tito Rabat.

Rabat, juara dunia Moto2 2014, merupakan rider pertama MotoGP yang mendapatkan kontrak untuk musim 2021. Namun, performanya tak mengalami kemajuan signifikan, apalagi jika dibandingkan dengan Johann Zarco yang mendapatkan dukungan sama persis dengannya.

Ducati Corse sendiri diketahui telah menggaet dua rider kuat Moto2 lain, Jorge Martin dan Enea Bastianini. Martin akan diturunkan di Pramac Racing untuk menggantikan Jack Miller, sementara Bastianini diakui Manajer Tim Esponsorama, Ruben Xaus, 99% akan bergabung dengan pihaknya.

1 dari 3 halaman

Satu-satunya Tempat Kosong

Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Facebook/Sky Racing VR46
Pembalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Facebook/Sky Racing VR46

Manajer Tim Sky Racing VR46, yakni tim yang dibela Marini, Pablo Nieto telah menyatakan bahwa pihaknya bertekad membantu Marini naik ke MotoGP bersama Esponsorama. Sayangnya, tim asal Spanyol yang bermarkas di Andorra itu menolak.

"Kami ingin Luca Marini naik ke MotoGP bersama Avintia, tim satelit Ducati, yang punya satu-satunya tempat kosong," ungkap anak dari 13 kali juara dunia, Angel Nieto, ini kepada Diario AS, Kamis (17/9/2020).

Di lain sisi, pemilik tim Esponsorama, Raul Romero, menegaskan bahwa pihaknya ingin mempertahankan Rabat sesuai kontraknya, walau belakangan rider berusia 31 tahun itu dikabarkan bakal pensiun dan menjadi pelatih balap di tim yang sama.

2 dari 3 halaman

Antara Rabat, Marini, dan Bastianini

Pembalap Esponsorama Racing, Tito Rabat (c) Twitter/Reale Avintia
Pembalap Esponsorama Racing, Tito Rabat (c) Twitter/Reale Avintia

"Kami punya kontrak dengan Tito dan kami ingin lanjut dengannya. Kami merasa makin hari ia makin mengalami kemajuan. Ia hanya harus lebih cepat 0,5 detik. Lagipula, ia memberi kami keuntungan komersial," ungkap Romero soal Rabat, yang kabarnya belum sembuh betul dari cedera lutut pasca kecelakaan di Silverstone, Inggris, pada 2018.

"Enea telah tanda tangan dengan Ducati. Jika mereka ingin Luca datang, maka biar tugas mereka fokus padanya. Kami sendiri akan lihat apa yang akan terjadi pada Tito. Apakah ia akan ditandemkan dengan Luca, dan Enea harus mencari tempat lain di Ducati? Tempat di tim saya adalah milik saya, dan tahun depan saya akan tetap menaungi Tito," tutupnya.

Dalam wawancara yang sama, Nieto juga mengonfirmasi bahwa Team VR46 tak punya niatan untuk turun di MotoGP dalam waktu dekat, menyusul rumor bahwa Esponsorama bakal hengkang pada 2021 mendatang.

Sumber: Diario AS

3 dari 3 halaman

Video: Momen Franco Morbidelli Raih Kemenangan Perdana di MotoGP San Marino

KOMENTAR