Esponsorama Racing Bakal Senang Jika Diakuisisi Sky Racing VR46

Anindhya Danartikanya | 5 Februari 2021, 16:25
Esponsorama Racing Bakal Senang Jika Diakuisisi Sky Racing VR46
Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46

Bola.net - Bukan rahasia lagi bahwa Esponsorama Racing akan undur diri dari MotoGP pada akhir 2021. Sang sporting director, Ruben Xaus, pun mengaku akan merasa senang jika Sky Racing VR46 memang benar-benar ingin mengambil alih keseluruhan skuadnya pada 2022 nanti. Hal ini ia sampaikan via Corsedimoto, Kamis (5/2/2021).

Seperti diketahui, Esponsorama, yang juga dikenal dengan 'Avintia Racing', mengalami masalah finansial beberapa tahun terakhir. Namun, sejak Sky Racing VR46 'meminjam' salah satu tempatnya untuk Luca Marini di MotoGP 2021, situasi mereka pun membaik. Dengan begitu, mereka bisa meninggalkan MotoGP dengan napas lega.

Tak hanya masalah finansial yang beres, Esponsorama juga dapat angin segar karena menaungi dua rider muda yang sangat cepat, yakni Enea Bastianini yang merupakan juara dunia Moto2 2020, dan Marini yang musim lalu jadi runner up. Xaus makin bahagia karena timnya kini sepenuhnya dapat dukungan teknis yang baik dari Ducati.

1 dari 3 halaman

Kini Utang Tim Sudah Nol

Sporting Director Esponsorama Racing, Ruben Xaus (c) MotoGP.com

Sporting Director Esponsorama Racing, Ruben Xaus (c) MotoGP.com

"Dua tahun lalu, tim ini berada di grid paling belakang, dengan masalah utang dan ekonomi yang sangat serius. Kini, kami malah bakal mengakhiri musim 2021 dengan kondisi ekonomi yang sempurna, utangnya sudah nol," kisah Xaus, yang juga merupakan eks pembalap MotoGP dan WorldSBK.

Selain itu, sudah jadi kabar umum bahwa Sky Racing VR46 ingin turun di MotoGP dengan dua pembalap pada 2022. Kemungkinan besar mereka akan mengambil alih slot Esponsorama. Hingga kini belum ada pengumuman resmi, namun Valentino Rossi selaku pemilik tim diminta Dorna Sports memberikan kepastian pada akhir Maret nanti.

"Kini kami menaungi dua debutan yang kuat di MotoGP, dengan kesepakatan bersama VR46 Riders Academy untuk menampilkan corak mereka di dalam fasilitas kami. Ini sudah bisa disebut sebagai kesuksesan. Apa yang terjadi nanti, biarlah terjadi. Jika memang VR46 akan mengakuisisi tim kami sepenuhnya, saya akan merasa senang," ungkap Xaus.

2 dari 3 halaman

Belum Tahu Masa Depan Sendiri

Musim ini, Xaus pun akan berbagi tugas dengan Pablo Nieto, yang selama beberapa tahun belakangan juga menjadi Manajer Tim Sky Racing VR46. Xaus sendiri belum tahu benar soal masa depannya, akan tetap bekerja untuk tim tersebut atau beralih ke proyek lain.

"Soal saya akan tetap di tim ini atau tidak, entahlah. Yang penting, akar yang sudah tertancap akan tetap ada. Kisah saya tak terlalu penting, hari ini saya ada di sini, besok ada di sana, atau melakukan hal lain. Saya hanya senang tim kami bisa memulai 2021 dengan baik dan akhirnya mendapatkan apa yang layak kami dapatkan," tutupnya.

Xaus, pria Spanyol yang sedang giat-giatnya mengembangkan dunia balap motor di Andorra, akan menghadiri peluncuran tim Esponsorama Racing hari ini, Jumat (5/2/2021) bersama Bastianini dan Marini. Acara ini bisa disaksikan secara langsung lewat Instagram.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR