BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Espargaro Ingin Rossi Kompetitif Lagi, Tapi Anggap Marquez Terbaik

09-07-2021 13:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, mengaku sedih bahwa sang idola, Valentino Rossi, sangat kesulitan tampil kompetitif di MotoGP 2021. Kepada DAZN, ia mengaku kagum Rossi punya rasa cinta yang besar pada dunia balap motor, namun melihatnya harus susah payah berjuang di papan bawah sangatlah berat.

Musim ini adalah musim ke-26 Rossi di ajang Grand Prix. Membela Petronas Yamaha SRT, The Doctor pun sangat kesulitan tampil kompetitif meski mendapatkan YZR-M1 spek pabrikan teranyar. Dalam sembilan seri pertama, ia baru sekali masuk 10 besar, dan sudah lima kali tak meraih poin, bahkan tiga kali gagal finis.

Meski pernah cekcok beberapa kali akibat insiden di trek, Espargaro punya hubungan yang cukup baik dengan Rossi, bahkan sudah mengidolakan rider Italia itu sejak kecil. Atas alasan ini, pembalap berusia 31 tahun tersebut sedih Rossi harus bertarung di belakang, tempat yang tak seharusnya dihuni sang sembilan kali juara dunia.

1 dari 3 halaman

Sedih Lihat Valentino Rossi di Papan Bawah

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

"Rasa cinta Vale pada motor sungguh sulit dipercaya. Tapi ia tahu ia kini tak kompetitif, ia tak lagi punya rasa 'segar' yang ia punya sebelumnya. Ini bikin saya sedih, karena saya ingin lihat Vale di depan, dan saya mengatakannya sungguh-sungguh dari dalam hati. Namun, ini memang sulit," ujar Espargaro seperti yang dikutip Corsedimoto.

Meski begitu, kakak Pol Espargaro ini tak memungkiri bahwa, dibanding Rossi, Marc Marquez masih lebih superior. Pendapat ini diutarakan Espargaro usai membandingkan momen-momen prima The Doctor dua dekade lalu, dibandingkan dominasi Marquez satu dekade terakhir.

"Marc adalah pembalap terbaik dalam sejarah. Vale adalah idola saya sejak saya masih anak-anak. Giacomo Agostini dan Angel Nieto punya gelar lebih banyak dari mereka berdua. Namun, jika Anda menganalisa para rival yang Marc kalahkan, ceritanya lain lagi," ungkap juara dunia kategori CRT 2012 dan 2013 ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Level Para Rival yang Dihadapi

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Espargaro menyatakan, perbedaan mencolok yang dimiliki Rossi dan Marquez adalah level rival-rival yang mereka hadapi. Menurutnya, para rival Rossi pada masa lampau tidaklah segarang para rival yang harus dihadapi Marquez. "Kisah Marc berbeda jika dibandingkan dengan kisah Vale dengan Sete (Gibernau) dan pembalap lainnya," tuturnya.

"Vale punya Sete yang kerap mempersulit semuanya, dan ada juga beberapa rider Italia. Tapi Marc bertarung dengan para rider terbaik pula dalam sejarah. Jika kita bikin daftar 15 pembalap terbaik di dunia yang ada sekarang, Anda harus ingat Marc delapan kali juara dunia, sementara Vale tak memenangkan satu pun," pungkas Espargaro.

Espargaro, Rossi, dan Marquez akan kembali berjumpa di Sirkuit Red Bull Ring, yang akan menggelar dua balapan sekaligus, yakni MotoGP Styria dan Austria, yang masing-masing akan digelar pada 6-8 dan 13-15 Agustus mendatang.

Sumber: DAZN, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR