BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Espargaro: Belum Kompetitif, Dovizioso Tampaknya Ogah Balapan

09-07-2021 12:16 | Anindhya Danartikanya

Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing
Test rider Aprilia Racing, Andrea Dovizioso (c) Aprilia Racing

Bola.net - Usai berkali-kali mendorong Aprilia Racing untuk menjadikan Andrea Dovizioso sebagai tandemnya di MotoGP, Aleix Espargaro tampaknya kini berubah pikiran. Kepada DAZN, ia mengaku kecewa karena hasil uji coba Dovizioso belakangan ini ternyata belum memenuhi harapan.

Espargaro yang bergabung dengan Aprilia sejak 2017, memang kini jadi ujung tombak pengembangan motor RS-GP. Sayangnya, ia harus banting tulang sendirian melakukan tugas itu dengan para insinyur, karena tak pernah punya tandem yang kuat dan tetap.

Setiap tahun, Espargaro diketahui selalu ganti tandem, yakni dari Sam Lowes, Scott Redding, Andrea Iannone, Bradley Smith, sampai Lorenzo Savadori. Iannone dinilai sebagai tandem terkuat dari kelima nama tersebut, namun sayangnya dijatuhi larangan balapan selama empat tahun akibat kasus doping.

1 dari 3 halaman

Prediksi Dovizioso Ogah Kembali Balapan di MotoGP

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Usai Iannone tak boleh balapan, Espargaro ingin Dovizioso bergabung, namun rider Italia itu justru memilih vakum sepanjang 2021 usai hengkang dari Ducati. Sejak April, Dovizioso pun jadi test rider Aprilia dan sudah menjalani uji coba tertutup tiga kali, yakni di Jerez, Mugello, dan Misano. Semua datanya pun sudah dibaca Espargaro.

Namun, rider Spanyol ini ternyata ia tak puas. Ia bahkan meyakini Dovizioso tampaknya memang tak berniat kembali berkompetisi. "Dovi telah menjalani beberapa uji coba dengan kami, namun sejauh ini ia belum terlalu kompetitif. Tampaknya ia memang tak mau balapan lagi," ujarnya seperti yang dikutip MotosanES, Rabu (7/7/2021).

Espargaro pun kembali mengeluh betapa sulitnya bagi Aprilia menggandeng pembalap kuat yang bisa dijadikan tandemnya. Ia sendiri merasa kelelahan jika harus menjalankan tugas sendirian untuk mengembangkan RS-GP. Pada musim panas ini saja, ia tak bisa santai berlibur karena diminta Aprilia uji coba di Italia.

2 dari 3 halaman

Tak Bisa Rehat karena Tak Punya Tandem Kuat

Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP
Andrea Dovizioso di atas Aprilia RS-GP dalam uji coba MotoGP Jerez 2021 (c) MotoGP

"Rasanya sulit tak punya tandem yang cepat, terutama bagi saya. Itulah alasan saya tak pernah berhenti bekerja. Aprilia ingin saya menjalani beberapa uji coba pada musim panas dan pergi ke terowongan angin, meski ini bisa membantu saya punya tandem yang lebih kuat atau bahkan menarik tim satelit," kisahnya.

Espargaro bahkan menyatakan hal ini berpengaruh pada metode kerjanya dalam pekan balap, di mana ia harusnya fokus pada hasil balap. "Pada pekan balap, Anda ingin melaju cepat. Tapi saat ada perangkat baru, saya lah yang harus menjajalnya karena tak ada yang lain. Atas alasan ini, sangatlah sulit mengembangkan motor," tutupnya.

Di tangan Espargaro, RS-GP versi 2021 memang telah menunjukkan performa lebih garang, namun hasil terbaiknya barulah finis keenam di Portimao dan Jerez. Saat ini, Espargaro tengah duduk di peringkat kedelapan pada klasemen pembalap dengan 61 poin. Ia akan kembali berlaga di MotoGP Styria pada 6-8 Agustus nanti.

Sumber: DAZN, MotosanES

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR