BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Enea Bastianini: Saya Bagaikan 'Fotokopi' dari Andrea Dovizioso

25-03-2021 12:32 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing

Bola.net - Pembalap Avintia Esponsorama, Enea Bastianini, sebentar lagi akan menjalani debutnya di MotoGP dalam Seri Qatar pada 26-28 Maret. Sejak uji coba pramusim di trek yang sama pada 6-12 Maret lalu, ia pun tekun mempelajari semua data milik Andrea Dovizioso selama beberapa tahun terakhir.

Seperti diketahui, musim ini Bastianini mengendarai Ducati Desmosedici GP19. Ia juga dibimbing oleh kru yang tadinya bekerja dengan Dovizioso di Ducati Team, termasuk sang crew chief, Alberto Giribuola. Juara dunia Moto2 2020 ini pun sangat bersyukur dikelilingi kru yang sangat berpengalaman.

Kepada Sky Sport, Rabu (24/3/2021), Bastianini mengaku bahwa krunya telah memberikan begitu banyak pelajaran kepadanya selama uji coba pramusim. Mereka juga membantu Bastianini mempelajari gaya balap Dovizioso, yang selama delapan tahun jadi ujung tombak Ducati.

1 dari 3 halaman

Ingin Andrea Dovizioso Kembali Balapan

Andrea Dovizioso dan Alberto Giribuola (c) Ducati
Andrea Dovizioso dan Alberto Giribuola (c) Ducati

Di lain sisi, mempelajari data-data Dovizioso membuat Bastianini sedikit merasa kecewa. Pasalnya, tiga kali runner up itu tak ada di lintasan karena sedang vakum dari MotoGP, hingga Bastianini tak bisa membuntutinya selama uji coba demi memetik pelajaran langsung dari ahlinya.

"Saya bekerja dengan para teknisi Andrea, dan mereka memberikan banyak pelajaran kepada saya. Kami membicarakan semua hal yang ia lakukan, soal apa yang bisa saya perbaiki. Andrea suka melakukan analisa. Ia rider yang hebat, dan saya berharap ia bisa kembali balapan," ujarnya seperti yang dikutip Corsedimoto.

Pembalap 23 tahun ini juga menyatakan, selama uji coba, ia membandingkan lapnya dengan lap Dovizioso, yang menguasai Sirkuit Losail pada 2018 dan 2019 usai bergelut dengan Marc Marquez sampai lap terakhir. Ia pun kaget melihat banyak kemiripan, meski juga ada perbedaan.

2 dari 3 halaman

Crew Chief Jadi Mudah Arahkan Setup

Pembalap Esponsorama Racing, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Esponsorama Racing, Enea Bastianini (c) Esponsorama Racing

"Saya membandingkan beberapa lap dengan lapnya. Pada beberapa area, kami seolah benar-benar 'fotokopi', terutama soal pengereman dan menikung. Namun, dalam beberapa hal lain. Kami sangat berbeda," ungkap pembalap berjuluk Bestia ini.

Dengan begitu, Giribuola juga mudah mengarahkan Bastianini dalam pemilihan setup motor. "Crew chief saya, Pigiamino (Giribuola) mampu langsung mendapatkan arah yang tepat soal pemilihan setup, karena ia melihat gaya balap saya yang sangat mirip dengan Andrea," tutup Bastianini.

Musim ini, Bastianini akan bertandem dengan runner up Moto2 2020, Luca Marini. Perebutan gelar debutan terbaik di antara mereka pun diperkirakan bakal berjalan sengit, apalagi debutan lainnya, Jorge Martin, juga membela Ducati lewat Pramac Racing.

Sumber: Sky Sport, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR