BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dulu Tak Punya Uang untuk Beli Motor, Jorge Martin Syukuri Bantuan Vinales-Espargaro

04-04-2021 13:18 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales, Jorge Martin, dan Aleix Espargaro (c) Yamaha/Pramac/Aprilia Maverick Vinales, Jorge Martin, dan Aleix Espargaro (c) Yamaha/Pramac/Aprilia

Bola.net - Jorge Martin yakin performa gemilangnya beberapa tahun terakhir ini tak lepas dari bantuan Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Usai merebut pole dalam sesi kualifikasi MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu (3/4/2021), debutan Pramac Racing ini menyebut Vinales dan Espargaro telah membantunya di kala susah saat masih belia.

Martin yang merupakan juara Red Bull Rookies Cup 2014, menjalani debut di Moto3 pada 2015 bersama Mahindra. Namun, sekalinya pindah ke Honda pada 2017, ia pun menggila. Ia meraih sembilan pole, sembilan podium, dan satu kemenangan. Pada 2018, ia makin garang, merebut gelar dunia, 11 pole, 10 podium, dan tujuh kemenangan.

Prestasi ini membuatnya digaet tim bertangan dingin Red Bull KTM Ajo untuk diturunkan di Moto2 2019 dan 2020. Martin memang tak merebut gelar dunia, namun ia berkali-kali menyajikan performa yang solid. Alhasil, Martin pun digaet oleh Ducati Corse sebagai pengganti Jack Miller di Pramac Racing pada MotoGP 2021.

1 dari 3 halaman

Sering Dijemput untuk Latihan Bareng

Pada Sabtu (3/4/2021), rider berjuluk 'Martinator' ini pun menggemparkan paddock. Usai hanya mengendarai Desmosedici selama 10 hari karena banyak uji coba dibatalkan akibat Covid-19, Martin sukses merebut pole di sesi kualifikasi. Meski begitu, ia tetap menapak bumi, dan bahkan mengingat masa-masa susah saat di Moto3.

Kala itu, ia tak punya motor untuk latihan, tapi Vinales dan Espargaro yang juga tinggal di Andorra, memberi bantuan. "Sejak belia, saya dapat banyak bantuan dari Maverick dan Aleix, karena kami tinggal di area yang sangat berdekatan. Biasanya mereka menjemput saya di rumah, untuk latihan dengan motor mereka," kisahnya lewat MotoGP.com.

"Dulu saya tak punya motor dan tak punya uang untuk membelinya. Jadi, saya harus berterima kasih kepada Maverick dan Aleix, karena mereka meminjamkan motor mereka kepada saya untuk berkendara dan latihan," lanjut pembalap berusia 23 tahun asal Spanyol ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Asah Kemampuan di Lintasan

Martin pun mengaku kagum pada kemurahan hati Vinales dan Espargaro, yang kala itu sudah lama turun di MotoGP. Ia juga menyatakan bahwa menjalani latihan dengan mereka menghadirkan begitu banyak manfaat baginya, terutama dalam mengasah kemampuannya di lintasan.

"Latihan bersama para rider MotoGP kala itu, saat saya masih di Moto3, jelas sangat membantu. Mereka selalu coba membantu saya untuk terus memperbaiki diri. Jadi, saya sangat mensyukuri bantuan mereka. Berlatih dengan para rider top, yang terbaik di dunia, bakal membantu Anda menjadi pembalap yang lebih baik," pungkasnya.

Sementara Martin start dari pole, sang tandem, Johann Zarco akan start dari posisi kedua. Vinales sendiri akan start dari posisi ketiga, sementara Espargaro akan start dari posisi ketujuh.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Jorge Martin Sabet Pole di Kualifikasi MotoGP Doha 2021

KOMENTAR