BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Dulu Rival, Kini Tandem: Rabat Sebut Zarco Motivasi Ekstra

18-02-2020 15:25 | Anindhya Danartikanya

Tito Rabat, Raul Romero, Johann Zarco (c) Instagram/Reale Avintia Racing Tito Rabat, Raul Romero, Johann Zarco (c) Instagram/Reale Avintia Racing

Bola.net - Pebalap Reale Avintia Racing sekaligus juara dunia Moto2 2014, Tito Rabat, mengaku kedatangan Johann Zarco ke timnya di MotoGP tahun ini bagaikan angin segar. Lewat Marca, ia bahkan menyebut Zarco bisa menghadirkan motivasi ekstra baginya untuk tampil lebih kompetitif.

Rabat dan Zarco diketahui merupakan rival super sengit saat sama-sama masih turun di Moto2, terutama pada 2015 saat keduanya memperebutkan gelar dunia. Kini, keduanya justru bertandem di tim yang sama, dan mereka pun mengawinkan tiga gelar dunia Moto2 di Avintia.

Rabat pun menyatakan bahwa kedatangan rider sekuat Zarco bisa memotivasinya untuk tampil jauh lebih garang, apalagi tahun ini mereka sama-sama mendapatkan motor Desmosedici GP19 serta beberapa teknisi langsung dari markas Ducati Corse di Borgo Panigale, Bologna, Italia.

1 dari 2 halaman

Tandem yang Didamba-dambakan

"Kedatangan Johann sangat memotivasi saya. Saya pernah punya tandem-tandem kuat seperti Mika Kallio, Pol Espargaro, Marc Marquez... Berkat mereka yang melaju sangat cepat, saya jadi banyak belajar pula," ujar Rabat, yang juga sahabat Marc Marquez dan Alex Marquez.

Menurut rider 30 tahun ini, Zarco merupakan tandem yang selama ini ia dambakan sejak menjalani debut MotoGP pada 2016. Tadinya, Rabat bertandem dengan Jack Miller di Marc VDS Honda (2016-2017), kemudian di Avintia dengan Xavier Simeon (2018) dan Karel Abraham (2019).

"Selama di MotoGP, saya tak pernah dapat tandem sekuat ini, yang mampu memperebutkan kemenangan, podium, dan pole. Johann nyaris menang pada balapan perdananya, jadi ia adalah referensi. Ia membuat saya bersemangat, karena saya merasa tak jauh darinya," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Dapat Perangkat yang Sama

Reale Avintia kini juga resmi 'naik pangkat' dari tim privat menjadi tim satelit Ducati, yang berarti tim asal Spanyol ini akan mendapatkan bantuan teknis lebih baik. Rabat pun tak memungkiri ini juga berkat kedatangan Zarco, yang didukung penuh oleh Ducati Corse.

"Johann punya kontrak dengan pabrikan (Ducati Corse), sementara kontrak saya dengan Reale Avintia. Meski begitu, tim bilang kami akan dapat perangkat yang sama. Raul Romero (pemilik tim) dan Ruben Xaus (sporting director) bilang mereka akan bertarung 100%," tutupnya.

Rabat dan Zarco akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP yang kedua di Sirkuit Losail, Qatar, pada 22-24 Februari mendatang.

KOMENTAR