BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Dulu Musuh Bebuyutan, Andrea Iannone Kirim Pesan Menyentuh untuk Marc Marquez

23-06-2021 11:26 | Anindhya Danartikanya

Andrea Iannone dan Marc Marquez di podium MotoGP Jerez, Spanyol 2018. (c) AFP
Andrea Iannone dan Marc Marquez di podium MotoGP Jerez, Spanyol 2018. (c) AFP

Bola.net - Usai penantian selama 581 hari, kemenangan besar Marc Marquez di MotoGP Sachsenring, Jerman, pada Minggu (20/6/2021), memang telah menggerakkan hati banyak orang. Tak sedikit penghuni paddock yang ikut terharu menyaksikan momen gemilang tersebut, tak terkecuali para rival Marquez sendiri.

Seperti yang diketahui, Marquez sempat absen semusim dari MotoGP akibat cedera patah tulang humerus usai kecelakaan di Jerez pada 2020 dan harus menjalani tiga operasi. Alhasil, kemenangannya di Sachsenring pun terasa emosional, baik bagi Marquez sendiri, Repsol Honda, para rider lainnya, dan komunitas MotoGP.

Para pembalap seperti Fabio Quartararo, Miguel Oliveira, Johann Zarco, Jack Miller, Pecco Bagnaia, Aleix Espargaro, dan Jorge Martin berbondong-bondong memberikan ucapan selamat pada Marquez, yang menang tanpa kondisi fisik yang ideal akibat cedera lengan yang belum pulih, ditambah komplikasi bahu kanan.

1 dari 3 halaman

Pembalap yang Paling Diperhitungkan

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Rival Marquez lainnya yang memberikan ucapan adalah salah satu musuh bebuyutannya, yakni Andrea Iannone, yang saat ini sedang menjalani hukuman larangan balap sepanjang empat tahun akibat kasus doping. Keduanya diketahui sangat sengit memperebutkan gelar dunia di Moto2 pada 2011 dan 2012 lalu.

Meski merupakan rival sengit di Moto2 akibat gaya yang sama-sama agresif dan beberapa kali naik podium bareng di MotoGP, Marquez dan Iannone uniknya memang tak pernah cekcok. Keduanya selalu menaruh rasa hormat pada satu sama lain, dan Iannone pun mengaku turut senang melihat Marquez mulai bangkit dari momen buruk.

Iannone pun mengirim pesan mengharukan untuk Marquez via Instagram. "Aku tahu rasanya jatuh dan lalu bangkit. Kau adalah rider yang paling sering kulawan, rider yang paling sering menantangku, dan pembalap yang paling kuperhitungkan. Marc, aku tak pernah ragu, kau adalah juara sepanjang masa," tulisnya, Selasa (22/6/2021).

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Yakin Assen Bakal Sulit

Di lain sisi, Marquez memilih merendah soal kemenangan ini. Ia pun yakin dirinya akan kembali kesulitan di MotoGP Assen, Belanda, 25-27 Juni. Namun, ia ingin menikmati hasil ini dulu sebelum fokus ke depan. "Memang benar pada balapan berikutnya saya akan kembali ke situasi saya yang sebenarnya," tuturnya via MotoGP.com usai balap.

"Tapi ini saatnya bersenang-senang dan saatnya berterima kasih kepada semua orang, terutama kepada Honda. Rasa hormat yang mereka beri kepada saya selama bertahun-tahun adalah hal yang sangat saya hargai. Ini merupakan kemenangan penting bagi saya dan Honda," pungkasnya.

Kemenangan ini pun membuat sang delapan kali juara dunia tersebut melonjak tinggi ke peringkat 10 pada klasemen pembalap. Dengan koleksi 41 poin, ia justru menjadi pembalap Honda terbaik saat ini, mengasapi Pol Espargaro, Takaaki Nakagami, dan Alex Marquez.

Sumber: Instagram/AndreaIannone, MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR