BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ducati Tutup Pintu untuk Jorge Lorenzo di MotoGP 2021

03-04-2020 11:36 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengaku tak kaget saat mendengar keputusan Jorge Lorenzo menerima tawaran dari Yamaha untuk menjadi test rider mereka mulai MotoGP 2020 meski telah pensiun pada akhir musim 2019. Hal ini ia sampaikan via GPOne.

Lorenzo telah menjalankan tugas barunya sejak uji coba shakedown dan pramusim di Sepang, Malaysia, pada 2-4 dan 7-8 Februari lalu. Ketika tak melaju di lintasan, ia pun bekerja dengan memberikan beberapa masukan gaya balap untuk Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

"Saya tak kaget ia menerima tawaran Yamaha untuk jadi test rider. Kami tahu Jorge tak nyaman dengan Honda, dan ia dirundung banyak cedera. Ia tak benar-benar mau meninggalkan paddock, jadi lebih baik memberinya motor yang mengantarnya meraih tiga gelar dunia di MotoGP," ujar Ciabatti.

1 dari 3 halaman

Tertarik Lihat Performa Lorenzo

Tak hanya itu, Lorenzo juga akhirnya menerima tawaran Yamaha untuk turun dalam balapan MotoGP Catalunya, Spanyol, 5-7 Juni, sebagai rider wildcard. Keputusan ini membuat beberapa pebalap lain cukup heran, namun Ciabatti mengaku sama sekali tak kaget.

"Saya tak terlalu kaget. Jika musim ini dimulai normal, jelas ia akan menghadiri pekan balap di trek yang ia sukai namun tak lagi harus mati-matian balapan setiap 15 hari sekali. Jadi bakal menarik melihat apa yang bisa ia lakukan," ujar Ciabatti, yang menaungi Lorenzo di Ducati pada 2017-2018.

2 dari 3 halaman

Tutup Pintu untuk Lorenzo pada 2021

Dalam wawancara yang sama, Ciabatti ditanya apakah Ducati akan menyediakan tempat jika Lorenzo ingin kembali balapan pada 2021. Tanggapannya pun begitu singkat. "Kini ia merupakan rider Yamaha. Jadi jawabannya tidak. Saya rasa itu jawaban yang cukup," pungkasnya.

Uniknya, sebelum Lorenzo mengalami cedera punggung yang cukup parah pada Juni 2019, ia dikabarkan menjalani negosiasi serius untuk kembali ke Ducati lewat Pramac Racing pada 2020. Sayangnya, cedera berkepanjangan tersebut membuat diskusi itu berakhir.

Saat ini, akibat fasilitas wildcard yang ia terima, Lorenzo juga santer dikabarkan bakal kembali ke MotoGP pada 2021 secara penuh, berpeluang kembali bertandem dengan Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT.

3 dari 3 halaman

Video: 10 Rider MotoGP dengan Followers Terbanyak di Instagram

KOMENTAR