BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ducati Tak Lagi Lirik Maverick Vinales: Stok Rider Muda Kami Sudah Banyak

26-08-2021 14:37 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP
Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Meski Maverick Vinales dipastikan bakal membela Aprilia Racing di MotoGP 2022, Ducati Corse menyatakan tak punya rencana untuk menggaetnya pada 2023 nanti. Hal ini dinyatakan sang sporting director, Paolo Ciabatti, kepada Speedweek pada Kamis (26/8/2021), jelang Seri Inggris di Sirkuit Silverstone, 27-29 Agustus.

Vinales memang sempat menjalani negosiasi serius dengan Ducati pada akhir 2019 untuk kerja sama pada musim 2021 dan 2022, bahkan sempat mencapai tahap pembicaraan gaji. Namun, pada awal 2020, Top Gun mendadak menghentikan negosiasi itu dan lebih memilih bertahan di Monster Energy Yamaha.

Nahasnya, hubungan Vinales dan Yamaha malah kandas. Terhitung sejak 20 Agustus lalu, kedua belah pihak memutuskan efektif berpisah, diakibatkan telemetri Vinales di Seri Styria membuktikan bahwa ia melakukan 'aksi tak lazim' selama empat lap terakhir yang berpotensi merusak mesin YZR-M1 dan membahayakan rider lain.

1 dari 2 halaman

Ducati Sudah Penuh, Tak Ada Tempat Bagi Vinales

Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati
Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati

Vinales sudah dipastikan membela Aprilia Racing pada 2022, dan kontraknya hanya berdurasi setahun. Langkah ini tampaknya diambil demi menyesuaikan durasi kontrak pembalap MotoGP lainnya, yang kebanyakan akan habis pula pada akhir 2022. Namun, tentu ini juga membuka opsi pula bagi Vinales untuk pindah ke tim lain pada 2023.

Di lain sisi, Ducati sendiri merasa tak lagi tertarik padanya, apalagi sebagian rider mereka saat ini merupakan rider muda. "Kami sempat tertarik pada Maverick, namun kami punya banyak pembalap yang sudah dikontrak untuk masa depan. Empat tempat yang tersedia untuk 2022 sudah terisi, kecuali tempat kedua di VR46 Team," tutur Ciabatti.

Seperti yang diketahui, ada empat kursi Ducati yang tadinya kosong untuk 2022, yakni masing-masing dua tempat di Gresini Racing dan VR46 Team. Gresini sudah menentukan kedua pembalapnya, sementara VR46 Team masih belum menentukan rider kedua, yang nampaknya sedang tersendat akibat masalah sponsor.

2 dari 2 halaman

Bebaskan Gresini dan VR46 Pilih Pembalap

Pembalap Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi (c) AP Photo
Pembalap Sky Racing VR46, Marco Bezzecchi (c) AP Photo

Ciabatti pun menyatakan, Ducati membebaskan Gresini dan VR46 untuk memilih pembalap mereka sendiri. Namun, pihaknya sangat berharap bahwa VR46 benar-benar bisa menggaet rider Moto2 yang juga kandidat juara dunia, Marco Bezzecchi. Sebagai catatan, rider Italia ini juga sedang diburu oleh Sepang Racing Team (SRT).

"Kedua tim satelit ini mendapatkan kebebasan dari pabrikan dalam memilih pembalapnya. Namun, sudah jelas bahwa Marco Bezzecchi adalah opsi utama kami, meski Yamaha juga tertarik padanya untuk Petronas. Bagaimanapun, Marco adalah pembalap VR46 Riders Academy," ungkap Ciabatti.

Berikut line up pembalap Ducati Corse di MotoGP 2022:

Ducati Lenovo Team

  • #43 Jack Miller
  • #63 Pecco Bagnaia

Pramac Racing

  • #5 Johann Zarco
  • #89 Jorge Martin

FlexBox Gresini Racing

  • #21 Fabio di Giannantonio
  • #23 Enea Bastianini

VR46 Team

  • #10 Luca Marini
  • Kandidat rider kedua: #72 Marco Bezzecchi

Sumber: Speedweek

KOMENTAR