Ducati Tak Cemaskan Hasil Uji Coba, Ogah Remehkan Honda

Anindhya Danartikanya | 27 Februari 2020, 12:45
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Manajer Ducati Team, Davide Tardozzi, mengaku pihaknya sama sekali tak cemas pada performa Desmosedici GP20 meski para ridernya, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, hanya duduk di posisi 10 dan 16 dalam daftar kombinasi catatan waktu uji coba MotoGP Losail, Qatar, 22-24 Februari.


Sejak uji coba Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari lalu, Dovizioso dan Petrucci memang tak tampil mencolok, dengan dalih bahwa ban belakang terbaru Michelin lebih membantu karakter mesin-mesin inline-4 seperti milik Yamaha dan Suzuki, ketimbang mesin V4 seperti milik Ducati dan Honda.

Meski begitu, Tardozzi meyakinkan ritme balap kedua ridernya cukup baik untuk menyambut balapan pertama pada 6-8 Maret nanti. "Meski posisi kami tak menjanjikan, yakni hal yang tak kami pedulikan, situasi kami tak buruk, karena kami tertarik pada ritme balap," ujarnya via Sky Sport.

1 dari 2 halaman

Kesulitan dengan Ban Baru Michelin

Di lain sisi, Tardozzi tak memungkiri bahwa hal terpenting yang harus diperhatikan oleh timnya adalah kesulitan yang mereka hadapi dengan ban baru Michelin. "Di Malaysia, kami juga mengalami kesulitan akibat ban belakang baru yang dibawa Michelin, yang sejatinya punya karakter yang baik namun motor kami harus beradaptasi," tuturnya.

"Kini, ban itu membantu mesin-mesin inline-4, yakni Yamaha dan Suzuki. Tapi saya rasa kami sudah mengejar cukup baik di sini. Masih ada yang kurang, tapi saya rasa kami bisa mengatasinya," ungkap eks pebalap WorldSBK ini.

2 dari 2 halaman

Komentari Honda dan Marc Marquez

Tardozzi juga mengomentari Honda dan Marc Marquez, yakni rival utama Ducati selama tiga musim terakhir, yang tampak kesulitan selama uji coba di Qatar. Rumitnya masalah Honda ini terbukti lewat keputusan Marquez yang mendadak memakai perangkat aerodinamika versi 2019 pada motor RC213V 2020 miliknya.

"Entah apakah Honda tengah mengalami krisis, tapi saya tak pernah lihat Marc mengalami krisis. Keuntungan terbesar Honda adalah memiliki Marc. Mungkin mereka punya beberapa masalah karena Marc tak beradaptasi dengan motor baru mereka," ungkapnya.

"Mungkin Marc juga masih mengalami masalah pada bahunya. Tapi Marc adalah juara hebat, itu sudah terbukti, dan saya rasa saat balapan nanti, ia akan jadi salah satu favorit," pungkas Tardozzi.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR