Ducati Sudah Jajal Motor MotoE di Misano, Siap Jadi Suplier Tunggal pada 2023

Anindhya Danartikanya | 20 Desember 2021, 10:15
Michele Pirro saat wildcard di MotoGP Emilia Romagna 2021. (c) AP Photo
Michele Pirro saat wildcard di MotoGP Emilia Romagna 2021. (c) AP Photo

Bola.net - CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, menyatakan bahwa pihaknya sudah menciptakan prototipe pertama motor elektrik yang akan digunakan seluruh grid MotoE pada 2023 mendatang. Hal ini ia sampaikan kepada GPOne pada Kamis (16/12/2021).

Seperti yang diketahui, ajang MotoE pertama kali digulirkan pada 2019 dan Energica menjadi suplier tunggal motornya. Musim 2019 dijuarai Matteo Ferrari dari Gresini Racing, sementara 2020 dan 2021 dijuarai Jordi Torres dari Pons Racing.

Namun, pada Oktober lalu, Energica mengumumkan bahwa 2022 akan jadi musim terakhir mereka di MotoE. Ajang ini memberikan pengalaman berharga, namun Energica merasa perusahaannya masih terlalu kecil untuk mengurus kejuaraan dunia, hingga pengembangan motor jadi terbengkalai.

1 dari 2 halaman

Pertama Kali Mengaspal di Misano

CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) Twitter/DucatiCorse

CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali, dan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) Twitter/DucatiCorse

Tak lama setelah pengumuman itu dirilis, Ducati dan Dorna Sports mengumumkan kerja sama di sela MotoGP Emilia Romagna. Dalam jumpa pers, Domenicali menyebut bahwa pihaknya memang sudah lama tertarik mengembangkan motor elektrik, dan MotoE bisa jadi 'laboratorium' terbaik mereka.

Sejak pengumuman itu dirilis, Ducati bergerak cepat dalam menciptakan prototipe pertama motornya. Ducati memang diketahui ingin para insinyurnya andal dalam mengembangkan internal combustion engine (ICE) dan mencari solusi untuk berat motor elektrik yang selama ini jadi kendala utama.

Domenicali pun menyebut bahwa pada Kamis lalu, test rider Ducati Corse, Michele Pirro sudah menjajal motor tersebut di Sirkuit Misano, Italia. "Michele berada di Misano dengan motor MotoE. Ini adalah pertama kalinya motor elektrik kami turun di lintasan," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Departemen MotoE Terpisah dari Departemen MotoGP

General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna (c) Ducati CorseGeneral Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna (c) Ducati Corse

Dalam kesempatan yang sama, insinyur utama sekaligus General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, menyatakan bahwa departemen MotoE terpisah dari departemen MotoGP, dan sudah dibentuk beberapa bulan lalu. Ia pun yakin hasil karya mereka nanti akan membuat khalayak terkagum-kagum.

"Sebuah departemen balap yang terpisah (dari MotoGP) sudah diciptakan. Dalam beberapa bulan saja, sebuah prototipe sudah tercipta. Ini adalah kelompok orang yang bakal bikin iri, karena pada dasarnya merupakan orang-orang yang sangat ahli," ungkap mantan Direktur Tim Aprilia Racing ini.

GPOne pun melaporkan bahwa motor tersebut akan dipamerkan ke publik untuk pertama kali pekan ini, meski belum diketahui tanggal dan tempatnya.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR