Ducati Soal Pengganti Jack Miller: Bukan Joan Mir, Keputusan Final pada Agustus

Anindhya Danartikanya | 21 Juni 2022, 14:15
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, menegaskan hanya memiliki dua opsi untuk pengganti Jack Miller di Ducati Lenovo Team pada MotoGP 2023, yakni Enea Bastianini dan Jorge Martin. Hal ini ia nyatakan kepada MotoGP.com, Sabtu (18/6/2022), usai Joan Mir mendadak digosipkan mendekat.

Sejak Miller diumumkan bakal pindah ke Red Bull KTM Factory Racing musim depan pada awal bulan ini, Ducati memang tak kunjung mengumumkan penggantinya. Ciabatti pun membeberkan alasan mengapa pihaknya tak buru-buru dalam memilih Bastianini atau Martin.

Seperti yang diketahui, Bastianini sukses meraih tiga kemenangan dalam 10 seri pertama, namun juga tiga kali gagal finis. Di lain sisi, Martin dua kali naik podium tanpa kemenangan, serta lima kali gagal meraih poin. Namun, perlu diingat ia juga sempat cedera saraf tangan kanan.

1 dari 2 halaman

Ingin Jorge Martin Pulih Lebih Dulu

Enea Bastianini dan Jorge Martin (c) AP Photo

Enea Bastianini dan Jorge Martin (c) AP Photo

"Seperti yang sudah kami bilang, kami ingin mengambil waktu. Mungkin kami akan menunggu sampai balapan kedua pada Agustus demi mengevaluasi situasi lebih jauh," ungkap Ciabatti, merujuk pada operasi yang dijalani Martin dua pekan lalu.

"Tahun lalu, target kami menggandeng Enea dan Jorge, dan saya rasa kami sudah mencapainya. Kini saatnya memutuskan siapa yang akan membela tim pabrikan. Kami ingin memberi kans kepada Jorge untuk mengendarai motor kami tanpa masalah fisik," lanjutnya.

Di lain sisi, Mir yang merupakan juara dunia MotoGP 2020 juga sedang mencari tim anyar karena Suzuki akan hengkang akhir musim ini. Namun, Ciabatti menepis dugaan bahwa pembalap Spanyol itu akan membela tim pabrikan Ducati, meski ada peluang di tim satelit.

2 dari 2 halaman

Johann Zarco Tetap di Pramac Racing

Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) AP Photo

Pembalap Prima Pramac Racing, Johann Zarco (c) AP Photo

"Saya dengar beberapa orang menyebut nama Joan Mir. Ia rider yang hebat, namun kami tak pernah menjalani kontak dengannya. Keputusan kami hanya akan jatuh di antara Jorge atau Enea untuk tim pabrikan, tak ada rider lain yang terlibat," ujar Ciabatti.

Dalam wawancara yang sama, Ciabatti juga menegaskan bahwa Johann Zarco sebentar lagi akan mendapatkan kontrak baru dari Ducati Corse untuk kembali diletakkan di Prima Pramac Racing. Sebagai catatan, kini Zarco sudah meraih empat podium.

"Kami akan memperbarui kontrak dengan Johann Zarco di Pramac. Pernyataan ini akan mengakhiri gosip soal potensi kedatangan rider baru kepada kami. Saya rasa ada banyak rider kompetitif di Ducati dan kami harus mengambil pilihan terbaik di antara mereka," tutup Ciabatti.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR