BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ducati: Lawan Sekaligus Kawan, Bagnaia-Miller Takkan Ditukar dengan Siapa pun

08-10-2021 11:26 | Anindhya Danartikanya

Jack Miller dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse
Jack Miller dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

Bola.net - Francesco Bagnaia mengaku yakin bahwa Ducati Lenovo Team merupakan tim yang punya atmosfer paling positif di MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan kepada La Gazzetta dello Sport dalam gelaran Festival dello Sport di Italia, Kamis (7/10/2021). Hal tersebut juga disepakati oleh sang tandem, Jack Miller.

Bagnaia dan Miller saling kenal sejak masih anak-anak, saat keduanya berjumpa di kejuaraan Spanyol pada 2011. Mereka juga pernah naik podium bareng di CEV Buckler 125 usai finis pertama dan kedua di Albacete. Tak disangka-sangka, mereka justru bertandem di MotoGP sejak 2019, bahkan kini di tim utama Ducati.

Saking kerasnya pertarungan di MotoGP, dua rider yang bernaung di tim yang sama biasanya sulit akur. Namun, hal ini tak terjadi pada Bagnaia dan Miller. Keduanya selalu punya hubungan baik dan saling dukung. Meski Bagnaia lebih muda dua tahun, Miller mengaku rider Italia itu memberinya beberapa pelajaran berharga.

1 dari 2 halaman

Rasa Hormat yang Tinggi Jadi Kunci

Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse
Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse

"Pecco membuat saya paham bahwa harus ada rasa hormat yang setara di antara kedua rider. Balapan adalah 'permainan' di mana Anda harus memburu kemenangan, namun Anda juga harus berkompromi dengan para rival seperti Anda ingin diperlakukan oleh mereka," ungkap rider Australia berusia 26 tahun itu.

Bagnaia juga mengonfirmasi ada rasa hormat yang tinggi antara ia dan Miller, terutama musim ini. Kini sama-sama membela tim pabrikan Ducati, mereka sadar ekspektasi juga meninggi. Alhasil, keduanya kerap mendiskusikan strategi balap agar keduanya sama-sama meraih hasil baik.

Atas alasan inilah Bagnaia yakin Ducati punya atmosfer paling baik di antara semua tim MotoGP. "Kami selalu saling menghampiri dan bertemu satu sama lain. Kami kerap membicarakan strategi di garasi. Secara umum, atmosfer di Ducati adalah yang paling tenang di MotoGP. Kami adalah yang terbaik di area ini," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Bagnaia-Miller Sama-Sama Hebat

Jack Miller dan Pecco Bagnaia (c) Ducati CorseJack Miller dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

Dalam acara yang sama, Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, juga hadir. Ia pun ditanya siapa yang lebih unggul di antara Bagnaia dan Miller. Pria asal Italia ini menolak menjawab, dan lebih memilih memberikan pujian setara untuk kedua pembalapnya tersebut.

"Keduanya merupakan pembalap yang mampu melakukan hal-hal menakjubkan. Mereka berdua sama-sama tahu caranya memaksimalkan potensi motor. Mereka berdua adalah dua pembalap yang takkan saya tukar dengan apa pun di dunia ini," pungkas Ciabatti.

Meski sukses meraih tiga podium dan dua kemenangan, serta mendapatkan perpanjangan kontrak untuk 2022, Miller belakangan dikabarkan terancam terdepak dari tim pabrikan Ducati pada 2023 mendatang, terutama usai debutan Pramac Racing, Jorge Martin, menggebrak musim ini.

Sumber: La Gazzetta dello Sport

KOMENTAR