BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ducati Punya 'Trio Bos' di MotoGP, Apa Sih Perbedaan Tugas Mereka?

24-01-2022 16:40 | Anindhya Danartikanya

Davide Tardozzi, Pecco Bagnaia, Gigi Dall'Igna, Jack Miller, dan Paolo Ciabatti (c) Ducati Corse
Davide Tardozzi, Pecco Bagnaia, Gigi Dall'Igna, Jack Miller, dan Paolo Ciabatti (c) Ducati Corse

Bola.net - Ducati Corse, atau departemen balap Ducati, diketahui memiliki 'trio bos' di MotoGP, yang selalu pergi bareng ke mana-mana, yakni Gigi Dall'Igna, Paolo Ciabatti, dan Davide Tardozzi. Banyak penggemar MotoGP pun dibikin bingung oleh perbedaan tugas-tugas mereka saat pekan balap berlangsung.

Ducati sudah berlaga di MotoGP sejak 2003, meraih begitu banyak kemenangan lewat berbagai pembalap berbeda, namun baru meraih satu gelar dunia lewat Casey Stoner pada 2007. Segala cara telah dilakukan demi mengulang prestasi itu, dari merombak susunan pembalap, sampai merombak manajemen.

Setelah diakuisisi oleh Audi, Ducati menunjuk Claudio Domenicali sebagai CEO-nya pada 2013. Pada saat yang sama, Paolo Ciabatti pun bergabung sebagai Sporting Director Ducati Corse. Pada akhir tahun, Gigi Dall'Igna digaet sebagai General Manager, menggantikan posisi Benhard Gobmeier.

Pada 2014, Davide Tardozzi pun digaet untuk jadi manajer tim pabrikan Ducati di MotoGP. Sejak 'trio bos' ini ditandemkan, Ducati bangkit dan kini jadi momok menakutkan. Nah, apa sih perbedaan tugas mereka? Berikut yang dijelaskan oleh Tardozzi di podcast resmi MotoGP, 'Last on The Brakes' pada September 2021.

1 dari 4 halaman

Gigi Dall'Igna - General Manager Ducati Corse

General Manager Ducati Corse, Gigi DallIgna (c) Ducati Corse
General Manager Ducati Corse, Gigi DallIgna (c) Ducati Corse

"Gigi adalah bos kami. Dialah General Manager kami. Namun, pada akhirnya ia merupakan seorang teknisi. Seorang insinyur. Jadi, ia lebih fokus pada hal-hal mekanis dan pengembangan motor. Jadi, Gigi lebih mengurus kebutuhan para insinyur dan hal-hal teknis di lintasan. Gigi memang orang yang punya kuasa dalam mengizinkan kami melakukan ini dan itu, namun peran utamanya adalah sebagai Direktur Teknis."

2 dari 4 halaman

Paolo Ciabatti - Sporting Director Ducati Corse

Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) DucatiSporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti (c) Ducati

"Paolo merupakan sporting director, jadi ia lebih fokus kepada hal-hal yang terkait kontrak, komunikasi, dan pemasaran. Jadi, soal sponsor, kontrak, dan hal-hal yang terkait hubungan dengan pembalap, dialah yang mengurusnya. Pokoknya, Paolo merupakan orang yang mengatur keuangan kami."

3 dari 4 halaman

Davide Tardozzi - Manajer Ducati Lenovo Team

Manajer Ducati Lenovo Team, Davide Tardozzi (c) Ducati Corse
Manajer Ducati Lenovo Team, Davide Tardozzi (c) Ducati Corse

"Saya sendiri mengurus apa pun yang dibutuhkan tim, termasuk mekanik. Misalnya saat kami bepergian. Apa pun yang dibutuhkan tim, sayalah yang mengurusnya. Saya adalah orang yang memimpin di garasi kami. Tapi pada akhirnya, kami bertiga selalu diskusi bareng. Gigi memang bosnya, tapi kami selalu bicara bersama."

4 dari 4 halaman

Tambahan: Claudio Domenicali - CEO Ducati Motor Holding

CEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali (c) DucatiCEO Ducati Motor Holding, Claudio Domenicali (c) Ducati

Claudio Domenicali sebagai CEO Ducati Motor Holding membawahi segala sektor di Ducati, baik produksi massal maupun departemen balap mereka. Di bawah kepemimpinannya, Ducati diharapkan menjadi pabrikan dengan penjualan motor tertinggi sekaligus meraih hasil baik di berbagai kejuaraan balap motor.

Sumber: Podcast Last on The Brakes

KOMENTAR