BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ducati Pastikan Casey Stoner Hadir Lagi di Valencia, Bantah Jadi Pelatih Balap

10-11-2021 14:20 | Anindhya Danartikanya

Jack Miller, Casey Stoner, dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse
Jack Miller, Casey Stoner, dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, resmi mengumumkan bahwa juara dunia MotoGP 2007 dan 2011, Casey Stoner, akan kembali mendampingi skuadnya dalam Seri Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, 12-14 November nanti. Hal ini Ciabatti sampaikan dalam wawancaranya dengan MotoGP.com.

Usai berhenti menjabat sebagai test rider Ducati pada akhir 2018, Stoner memang belum mengunjungi paddock MotoGP lagi. Namun, akhirnya ia kembali di Seri Algave, Portimao, Portugal, 5-7 November. Ia menjadi tamu Ducati, dan menyempatkan diri bertemu banyak tokoh MotoGP, termasuk Valentino Rossi.

Di sela kunjungannya, Stoner juga sibuk mendampingi duet Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia dan Jack Miller. Ia bahkan seolah-olah menjadi pelatih balap kedua rider, mengamati penampilan mereka baik dari layar televisi maupun dari tepi trek. Uniknya, dalam balapan, Bagnaia sukses menang dan Miller finis ketiga.

1 dari 2 halaman

Bantu Bagnaia dan Miller, Beri Saran yang Baik

Ciabatti pun dapat memaklumi mengapa kehadiran Stoner yang mendadak ini menghebohkan paddock MotoGP, apalagi ia terkesan serius membimbing Bagnaia dan Miller. Pria asal Italia ini pun tak memungkiri bahwa bantuan Stoner sangat membantu kedua pembalapnya.

"Ada banyak pembicaraan soal Casey, dan jelas ia telah membantu para pembalap kami dengan beberapa analisa untuk beberapa area. Terutama pada hari Sabtu, di antara sesi, ia telah memberikan beberapa saran yang baik," ungkap Ciabatti pada Senin (8/11/2021).

Namun, Ciabatti yakin hasil baik ini diraih utamanya berkat kerja keras kedua rider. "Selalu menyenangkan saat garasi kami disambangi seorang juara dunia dan kawan yang baik seperti Casey. Namun, saya rasa pujian tetap tertuju kepada Pecco dan Jack atas usaha dan talenta mereka," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Casey Stoner Tak Berencana Kembali Tinggal di Eropa

Ciabatti juga menanggapi rumor bahwa Stoner akan jadi pelatih balap Ducati tahun depan, mengingat Bagnaia dan Miller kompak secara publik memohon tim mereka merekrut pria Australia itu. Namun, Ciabatti yakin Stoner tak punya rencana untuk kembali tinggal di Eropa usai pensiun dini pada akhir 2012 lalu.

"Kami juga bakal senang jika ia mau jadi pelatih balap kami. Namun, saya rasa Casey tak punya rencana untuk pindah ke Eropa, karena seperti yang Anda tahu, ia punya keluarga, dua anak perempuan yang masih kecil, dan saya rasa itu prioritasnya," ungkap eks Sporting Director WorldSBK ini.

"Saya rasa ia senang bisa kembali ke paddock setelah lama tak berkunjung. Ia akan kembali bersama kami di Valencia. Jadi, kami harap ia bisa menghadirkan keberuntungan lagi kepada kami di sana," pungkas Ciabatti.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR