BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ducati: Luca Marini Memang Layak ke MotoGP 2021, Tapi...

18-09-2020 20:13 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) AP Photo Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) AP Photo

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengakui bahwa rider Sky Racing VR46 Moto2 yang juga adik Valentino Rossi, Luca Marini, memang layak naik ke MotoGP 2021. Hal ini ia sampaikan kepada Sky Sport di Misano, San Marino, Jumat (18/9/2020).

Nama Marini selama dua pekan belakangan ini memang panas diperbincangkan di paddock MotoGP dan dikait-kaitkan dengan Avintia Racing, yang kini bernama Esponsorama Racing, untuk menggantikan Tito Rabat.

Marini belum memberikan pernyataan apa pun, namun Rossi membenarkan bahwa rider 23 tahun itu tengah melakukan pembicaraan dengan Ducati dan Esponsorama soal kemungkinan naik ke MotoGP. Sayang, mewujudkannya takkan semudah membalik tangan.

1 dari 3 halaman

Esponsorama Tolak Naungi Luca Marini

Rival Marini di Moto2, Enea Bastianini menyatakan telah tanda tangan kontrak dengan Ducati, meski belum ada pengumuman resmi dan belum ditentukan tim mana yang akan ia bela. Manajer Tim Esponsorama, Ruben Xaus pun menyatakan ia 99% pasti membela tim Spanyol tersebut.

Di lain sisi, Esponsorama masih punya kontrak dengan Rabat sampai akhir 2021. Sang pemilik tim, Raul Romero juga telah menegaskan pihaknya tak mau melepas Rabat dan bertekad menaati kontrak yang sudah disepakati. Ia bahkan memilih masa bodoh soal Marini, meski rider Italia itu merupakan kandidat juara Moto2 2020.

"Kami punya kontrak dengan Tito dan kami ingin lanjut dengannya. Jika Ducati ingin Luca datang, maka biar tugas mereka fokus padanya. Kami sendiri akan lihat apa yang akan terjadi pada Tito. Apa ia akan ditandemkan dengan Luca, dan Enea harus mencari tempat lain di Ducati? Tempat di tim saya adalah milik saya, dan tahun depan saya akan tetap menaungi Tito," ujar Romero via Diario AS.

2 dari 3 halaman

Masa Depan Marini Bukan Tergantung Ducati

Dalam wawancaranya dengan Sky Sport, Ciabatti pun mengakui Marini memang layak menyusul sang kakak ke MotoGP. Namun, ia seolah angkat tangan pula soal polemik ini, karena menurutnya Ducati tak bisa banyak berkutik ketika Rabat memang masih terikat kontrak dengan Esponsorama.

"Yang jelas, Avintia punya kesepakatan dengan Tito untuk 2021. Apa yang akan terjadi pada Luca, akan tergantung pada tim mereka sendiri dan apa yang juga akan terjadi pada Tito. Target kami saat ini adalah menggaet Enea, dan kami akan umumkan secara resmi sesegera mungkin," tutupnya.

Menjelang MotoGP Emilia Romagna akhir pekan ini, Marini tengah memimpin klasemen pembalap Moto2 dengan koleksi 112 poin. Selain Bastianini, rival Marini yang akan naik ke MotoGP bersama Ducati adalah, Jorge Martin, yang kabarnya akan membela Pramac Racing.

Sumber: Diario AS/Sky Sport

3 dari 3 halaman

Video: Andrea Dovizioso Menangi MotoGP Austria yang Tak Terlupakan

KOMENTAR