BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ducati Kritik FIM Karena Tak Rilis Nama Rider Pelanggar Aturan Latihan MotoGP

03-07-2020 09:18 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengkritik Federasi Balap Motor Internasional (FIM) yang tak membeberkan nama dua pebalap dari MotoGP, Moto2, dan Moto3 yang diduga melanggar aturan latihan dan uji coba pada Kamis (2/7/2020). Ciabatti merasa sikap FIM bisa memunculkan spekulasi negatif.

Dalam rilis resminya, FIM menyatakan FIM Stewards Panel MotoGP akan melakukan investigasi kemungkinan pelanggaran aturan latihan dan uji coba yang dilakukan dua rider belakangan ini. FIM tak merilis nama-nama yang dicurigai bersalah, namun Fabio Quartararo dikabarkan jadi salah satunya.

Usai kebijakan karantina di sejumlah negara dilonggarkan, banyak pebalap berlatih di atas motor superbike dengan spek standar jalanan. Namun, FIM menduga dua rider berlatih dengan motor yang dilengkapi komponen balap dan terlalu mirip dengan motor Grand Prix. Jika terbukti, maka sesi latihan mereka dianggap sebagai uji coba tertutup ilegal.

1 dari 3 halaman

Quartararo Jadi Sorotan, Nakagami Dicurigai

View this post on Instagram

🎢🤪

A post shared by Fabio Quartararo 🇫🇷 (@fabioquartararo20) on

Quartararo pun jadi sorotan usai berlatih dengan superbike YZF-R1 yang disediakan Techsolutions di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, 18-19 Juni. Para rider Yamaha lain, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan Franco Morbidelli berlatih dengan motor yang di Jerez, Misano, dan Mugello.

Namun, R1 yang dipakai Quartararo lah yang dicurigai memakai berbagai komponen balap yang dilarang oleh regulasi FIM untuk latihan. Menurut Motorsport.com, hal ini dilaporkan oleh salah satu tim rival yang tak disebutkan namanya.

Kini, rider LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami, juga diisukan menjadi salah satu rider yang diduga bersalah, mengingat beberapa waktu lalu ia berlatih di Sirkuit Motegi, Jepang, menjajal Honda CBR1000RR-R, yang kabarnya memiliki spek motor yang dipakai Alvaro Bautista dan Leon Haslam di WorldSBK tahun ini.

2 dari 3 halaman

Tegaskan Rider Ducati Tak Terlibat

Ciabatti menegaskan tak satu pun pebalap Ducati terlibat, mengingat pihaknya hanya menyediakan motor superbike standar kepada Jack Miller, Johann Zarco (Ducati Panigale V4 dan V4S), dan Francesco Bagnaia (Ducati Panigale V2). Namun, ia tetap mengecam FIM karena tak merilis nama-nama rider yang dicurigai bersalah.

Menurutnya, sikap FIM yang tak transparan ini justru menimbulkan spekulasi yang tidak-tidak di antara peserta Grand Prix, termasuk yang sama sekali tak bersalah. "Kami bukan pihak yang terlibat," Ciabatti mengklarifikasi via GPOne.

"Tapi saya sepakat rilis FIM seharusnya termasuk nama-nama dan indikasi-indikasi yang tepat, demi menghindari spekulasi. Dalam kasus seperti ini, pemberitahuan secara privat kepada tim lebih pantas dan cukup, agar mereka bisa memberikan kesempatan untuk menjawab," tutupnya.

Restriksi latihan dan uji coba semua kelas Grand Prix telah dijelaskan di Pasal 1.15.1 FIM Grand Prix Regulations, termasuk detail mesin yang boleh dipakai untuk berlatih dan familiarisasi trek. Sidang bagi para pebalap yang diduga melanggar aturan ini akan digelar di Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR