BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Ducati Juarai MotoGP 2020, Bukti Inovasinya Berhasil'

30-11-2020 15:10 | Anindhya Danartikanya

Johann Zarco, Danilo Petrucci, Paolo Ciabatti, Gigi Dall'Igna, Andrea Dovizioso, Jack Miller, dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Johann Zarco, Danilo Petrucci, Paolo Ciabatti, Gigi Dall'Igna, Andrea Dovizioso, Jack Miller, dan Pecco Bagnaia (c) Ducati

Bola.net - General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, mengaku sangat bangga pihaknya bisa merebut gelar dunia konstruktor MotoGP 2020 untuk pertama kalinya sejak 2007 lalu. Pabrikan asal Italia ini berhasil mengalahkan Yamaha dengan keunggulan 17 poin dan Suzuki dengan keunggulan 19 poin.

Meski masih belum meraih gelar dunia pembalap, dan gagal meraih gelar dunia tim, Ducati sukses meraih sembilan podium, yang dua di antaranya merupakan kemenangan lewat Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Sebanyak lima dari enam pembalapnya juga mampu naik podium, dengan Jack Miller mengoleksi empat trofi.

Dalam rilis resmi Ducati Corse pada Minggu (22/11/2020), Dall'Igna pun menyatakan bahwa keberhasilan pihaknya merebut gelar dunia konstruktor adalah bukti bahwa Ducati memang merupakan pabrikan terdepan yang mampu memberikan inovasi-inovasi teknologi terkini.

1 dari 3 halaman

Bukannya Tanpa Tantangan Berat

"Merebut gelar dunia konstruktor jelas merupakan target penting bagi Ducati, karena ini menunjukkan betapa efektifnya inovasi teknis yang telah dikembangkan selama beberapa tahun terakhir dan bisa ditemukan pada motor Desmosedici GP terkini," ungkap Dall'Igna.

Di lain sisi, eks direktur teknis Aprilia Racing ini tak memungkiri bahwa MotoGP 2020 bukannya tanpa tantangan. Seperti pabrikan lain, Ducati mengeluhkan performa ban belakang baru Michelin yang menyediakan grip terlalu banyak, hingga makin Ducati 'menderita' ketika membelok di tikungan.

"Ini jelas musim yang sulit, terutama akibat pengenalan ban belakang baru, dan fakta bahwa tak ada uji coba tengah musim yang harusnya bisa membantu kami mempelajari perilaku motor pada motor lebih baik. Tapi faktanya Desmosedici GP bisa kompetitif nyaris di semua trek," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Semua Berkat Komitmen Penghuni Ducati Corse

Dall'Igna, yang mulai menjabat sebagai General Manager Ducati Corse sejak akhir 2013, mengaku sangat berterima kasih atas kontribusi para pembalap, anggota tim Ducati Team, Pramac Racing, dan Esponsorama Racing, serta para pekerja di departemen balapnya yang ada di Borgo Panigale, Italia.

"Kami puas atas raihan pada 2020, yang membuat kami mampu merebut gelar dunia konstruktor kedua kami di MotoGP. Terima kasih kepada semua staf di Ducati Corse, begitu juga para pembalap dan para anggota tim kami yang telah bekerja keras dan berkomitmen membantu terwujudnya kemenangan penting ini," tutupnya.

KLASEMEN KONSTRUKTOR MOTOGP 2020

  • Ducati - 221
  • Yamaha - 204
  • Suzuki - 202
  • KTM - 200
  • Honda - 144
  • Aprilia - 51

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Aron Canet Lolos dari Maut Saat Terjatuh di Moto2 Portugal 2020

KOMENTAR